Pilih daging tanpa lemak untuk Lebaran 2024, saran pakar

id Daging saat lebaran, daging tanpa lemak,Lebaran ,Idul Fitri ,Sajian daging Idul Fitri

Pilih daging tanpa lemak untuk Lebaran 2024, saran pakar

Arsip foto - Pedagang menata daging sapi yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (11/3/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan dr. Debora Aloina Ita Tarigan mengingatkan masyarakat khususnya warga Jakarta agar sebisa mungkin memilih daging sapi tanpa lemak untuk hidangan Lebaran agar kesehatan tetap terjaga.

"Ketika ada lemak berlebih pada daging, bisa dipotong atau dibuang untuk mengurangi asupan lemak jenuh yang tidak sehat," kata dia melalui keterangan tertulisnya yang disampaikan di Jakarta, Senin.

Kemudian, Debora juga menyarankan masyarakat untuk menghindari menggoreng daging. Apalagi menggunakan minyak berlebih karena dapat berpotensi menambah kalori dan lemak.

Alih-alih menggoreng, dia menyarankan cara pengolahan yang sehat seperti merebus atau memanggang dengan sedikit minyak dan daging dikonsumsi bersama sayuran segar, seperti brokoli, wortel, kubis serta bayam yang kaya akan serat, vitamin dan mineral penting.



Daging merah bisa tetap dikonsumsi, tetapi perhatikan cara mengolahnya. "Yakni ketika dimasak jangan terlalu matang atau gosong," kata dia.

Selanjutnya, masyarakat juga perlu mempertimbangkan porsi makan mereka agar tidak terlalu sering dan tidak berlebihan demi mencegah munculnya masalah kesehatan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter ingatkan masyarakat agar pilih daging tanpa lemak untuk Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024