Kemenparekraf ungkap indeks pariwisata Indonesia tembus 15 besar dunia

id Indeks pariwisata, pariwisata inklusif, kunjungan wisman, target pariwisata

Kemenparekraf ungkap indeks pariwisata Indonesia tembus 15 besar dunia

Arsip foto - Sejumlah wisatawan asing mengunjungi kawasan wisata terasering sawah di Desa Jatiluwih, Kabupaten Tabanan, Bali, Sabtu (3/8/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan indeks kinerja pariwisata atau travel tourism development index (TTDI) Indonesia berpeluang tembus 15 besar dunia pada tahun mendatang yang pada 2023 berada di peringkat 22 dunia dari 119 negara.

“Tantangannya kolaborasi lintas sektor yang perlu dilakukan lebih optimal karena ini bukan peran utama di Kemenparekraf saja,” kata Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf Dessy Ruhati dalam jumpa pers secara virtual jelang Konferensi Kualitas Pariwisata Indonesia (IQTC) di Denpasar, Rabu.

Peluang besar itu, lanjut dia, melanjutkan tren positif pertumbuhan pariwisata Indonesia setelah mati suri akibat pandemi COVID-19.

Ada pun TTDI Indonesia pada 2023 yang diumumkan pada 2024 itu berada di peringkat ke-22 atau naik dibandingkan 2021 yang berada pada posisi ke-32 dunia berdasarkan penilaian Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang diumumkan dua tahun sekali.

Rencananya, dalam forum IQTC tersebut juga akan dibahas upaya untuk meningkatkan peringkat indeks pariwisata tanah air itu.

Sementara itu, Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Odo RM Manuhutu dalam kesempatan yang sama menambahkan untuk mendorong peningkatan indeks itu perlu dukungan kebijakan dari pemerintah daerah yang selaras dengan kualitas pariwisata.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf: Indeks pariwisata RI berpeluang tembus 15 besar dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024