Kadin siap mengembangkan program ekonomi biru Blue Halo S

id Blue Halo S

Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan siap mendukung yayasan nasional Konservasi Indonesia dalam upaya mewujudkan target ekonomi biru pemerintah, khususnya dalam inisiatif program Blue Halo S.

Dukungan tersebut tertuang dalam surat pernyataan minat atau letter of intent (Lol) yang diumumkan kedua pihak dalam acara Indonesia International Sustainability Forum 2024 di Jakarta, Jumat.

Program Blue Halo S merupakan inisiatif yang menyeimbangkan upaya perlindungan dan produksi berkelanjutan kekayaan laut Indonesia serta mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mentransformasi perekonomian kelautan dan pesisir sebagai respons terhadap dampak perubahan iklim.

Program itu akan dilaksanakan pada 2025 hingga 2031 di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 572 yang berbatasan dengan enam provinsi di sepanjang pantai barat Sumatera, yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, dan Banten.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum, dan Komunikasi Kadin, Yukki Nugrahawan, mengatakan untuk mendukung ekonomi biru yang berkelanjutan, Kadin mengusulkan program baru yang bertujuan meningkatkan praktik budidaya ikan yang ramah lingkungan di WPP 572.

“Karenanya, Kadin berkolaborasi untuk pendanaan dan bantuan teknis dari Program Blue Halo S kepada daerah bisnis yang dapat memungkinkan kami untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi budidaya perikanan yang canggih, meningkatkan infrastruktur, serta melaksanakan program pelatihan komprehensif untuk bisnis lokal," tutur Yukki dalam siaran pers yang dirilis Konservasi Indonesia di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan proyek-proyek yang diusulkan Kadin diharapkan tidak hanya akan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, tetapi juga meningkatkan jumlah pelaku usaha yang menerapkan ekonomi biru, dan meningkatkan kualitas dan pengetahuan pelaku usaha dan masyarakat lokal mengenai ekonomi biru.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadin siap kembangkan program ekonomi biru Blue Halo S