Pemerintah apresiasi fasilitas psikolog di Puskesmas Sleman

id pemerintah apresiasi fasilitas

Pemerintah apresiasi fasilitas psikolog di Puskesmas Sleman

Puskesmas Berbah di Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah pusat memberikan apresiasi atas langkah Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memfasilitasi adanya psikolog di seluruh puskesmas di wilayah setempat.

"Apresiasi Pemerintah Pusat tersebut diwujudkan dengan diberikannya penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala 2014 kepada Bupati Sleman Sri Purnomo," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Kamis.

Menurut dia, penghargaan diserahkan oleh Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Sasana Kriya TMII Jakarta, Kamis 27 November bersamaan dengan puncak Hari Kesehatan Nasional ke-50.

"Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Sleman Sri Purnomo berkat usaha mendorong pelayanan psikolog di 25 puskesmas dengan mengeluarkan rekomendasi pengadaan tenaga psikolog tahun 2013 melalui rekruitmen pegawai BLUD non-PNS di seluruh puskesmas," katanya.

Ia mengatakan, rekomendasi Bupati sebagai tindak lanjut MOU Bupati Sleman dengan UGM dan perjanjian kerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dengan Fakultas Psikologi UGM.

Selain itu juga keberhasilan Bupati Sleman dalam pemberdayaan anak sekolah untuk ikut pemantauan jentik berkala, yang diawali oleh TABO (Tanggap Bocah) di Kecamatan Sleman yang diikuti kecamatan lainnya di Kabupaten Sleman.

"Keikutsertaan ini sangat membantu dalam mencegah terjangkitnya penyakit demam berdarah di Kabupaten Sleman," katanya.

Selain itu keberhasilan lain adalah program pelayanan akta kelahiran melalui fasilitas kesehatan masyarakat secara cepat dan gratis.

"Melalui program ini setiap anak yang baru lahir di Sleman dalam waktu tiga hari anak dibawa pulang dari tempat pelayanan kesehatan langsung pula membawa akta kelahiran," katanya.

Endah mengatakan, Bupati Sleman berharap keberhasilan dalam bidang kesehatan ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan pada waktu yang akan datang dengan dukungan masyarakat.

"Karena kewajiban menjaga kesehatan masyarakat adalah menjadi tanggung jawab bersama dan Pemkab Sleman berkomitmen untuk mendukung adanya kartu Indonesia sehat dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024