Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta secara resmi memberikan nama untuk gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan nama tokoh pendidikan Prof Dr H Zanzawi Soejoeti MSc.
     "Prof Zanzawi merupakan salah satu tokoh yang memiliki kontribusi di dunia pendidikan. Prof Zanzawi merupakan Rektor ke-8 UII, periode kepemimpinan 1990-1993," kata Rektor UII Harsoyo pada peresmian nama gedung tersebut di Yogyakarta, Rabu.
     Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Pengembangan Pendidikan Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII Mustaqiem dan Rektor UII Harsoyo disaksikan istri almarhum Prof Zanzawi yakni Suhartati beserta keluarga.
     Menurut Harsoyo, secara keseluruhan hingga saat ini sudah ada 14 gedung di UII yang telah resmi diberikan nama tokoh yakni Prof KH Abdul Kahar Mudzakkir, GBPH Prabuningrat, Prof Dr Sardjito, Dr Mohammad Natsir, KH Mas Mansur, KH Wahid Hasyim.
     Selanjutnya, Mohammad Hatta, Ki Bagoes Hadikoesoemo, Dr Soekiman Wirjosandjojo, Prof Mr H Mohammad Yamin, Prof Dr Ace Partadiredja, Prof KH R Muhammad Adnan, dan Prof KH R Fathurrahman Kafrawi.
     Harsoyo mengatakan sangat penting bagi warga UII untuk senantiasa menghargai jasa dan perjuangan para tokoh dan pendiri. Mereka merupakan sosok yang benar-benar mencurahkan tenaga, pikiran, dan dedikasinya demi kemajuan UII dengan penuh rasa ikhlas.
     "Sebagaimana ungkapan yang pernah dilontarkan oleh Ir Soekarno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya," katanya.
     Menurut dia, almarhum Prof Zanzawi merupakan sosok ilmuwan statistika yang andal dan sangat konsisten dalam mempertahankan pandangannya. Semasa memimpin UII sebagai rektor, beliau banyak membawa kemajuan berarti bagi kampus ini.
     "Hal itu tampak dari semakin dimantapkannya penyelenggaraan program studi lanjut bagi dosen-dosen (karyasiswa), pemantapan kurikulum, dan perhatiannya yang tinggi pada rasio dosen-mahasiswa," katanya.
     Sementara itu, Suhartati mengatakan penamaan gedung UII dengan menggunakan nama Prof Zanzawi Soejoeti menjadi kehormatan bagi keluarga sebagai ahli waris.
     "Semoga dengan penamaan itu Prof Zanzawi dapat menjadi inspirasi positif bagi UII untuk membangun peradaban," katanya.

(B015)

Pewarta : Bambang Sutopo Hadi
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024