Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam upaya meningkatkan komitmen dan peran Forum Anak Sleman dalam pencegahan kekerasan dan pemenuhan hak anak menyelenggarakan kegiatan Jambore "Three Ends" Forum Anak Sleman.
   
 "Kegiatan yang  berlangung di lapangan Pemda Sleman Sabtu ini diikuti oleh seluruh anggota Forum Anak Seman," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Pemrempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini, Sabtu.
     
Menurut dia, salah satu bentuk wujud komitmen Pemkab Sleman dalam melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak anak adalah dengan mengembangkan program Kabupaten Layak Anak yang meliputi klaster hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga, dan pengasuhan alternative, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus.
     
"Pemenuhan hak sipil dan kebebasan diantaranya pemenuhan hak partisipasi anak melalui pembinaan Forum Anak Sleman, untuk itu pada hari ini Pemkab SLeman memfasilitasi kegiatan Jambore Three Ends Forum Anak sebagai ruang bagi anak Sleman untuk berperan aktif dalam mempromosikan pemenuhan hak anak dan pencegahan kekerasan pada anak," katanya.
     
Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2018 di Kabupaten Sleman.
     
"Setidaknya terdapat sejumlah 340 anak di lingkungan Kabupaten Sleman ikut serta dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari perwakilan Forum Anak kabupaten, Forum Anak Kecamatan dan Forum anak Desa," katanya.
   
 Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir serta sekaligus membuka kegiatan tersebut menyambut baik terselenggaranya kegiatan Jambore Three Ends Forum Anak Sleman.
     
Sri Muslimatun mengatakan bahwa kegiatan Jambore tersebut merupakan ruang bagi anak di lingkungan Kabupaten Sleman ikut berperan aktif dalam mempromosikan pemenuhan hak anak dan pencegahan kekerasan pada anak.
     
"Melalui momentum ini pula saya berharap Forum Anak Sleman dapat semakin memperkuat langkah, disamping melakukan upaya preventif terhadap kekerasan perempuan dan anak, Forum Anak Sleman juga harus terus memberikan edukasi kepada perempuan dan anak yang notabene sebagai target kekerasan untuk mampu membela diri dan percaya diri," katanya.

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024