Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Puronomo, menerima penyerahan Api Asian Games 2018 di pelataran Candi Ratu Boko, Prambanan, Kabupaten Sleman, Rabu sore.

Sebelumnya Api Asian Games dibawa Panitia INASGOC 2018 dari Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala dan sampai di halaman komplek Candi Ratu Boko disambut Bregodo  Pemkab Sleman.

Selanjutnya Api Asian Games dibawa naik ke pelataran Candi Ratu Boko yang disambut Bupati Sleman Sri Purnomo yang kemudian diserahkan kepada Dhimas dan Diajeng Kabuaten Sleman diiringi tari tradisional Reog dari Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

Setelah diterima Dhimas Diajeng Sleman selanjutnya Api Asian Games diletakan beberapa saat di sebuh meja dan kemudian diserahkan kepada Torch Ambasador Asian Games 2018 Susi Susanti.

Setelah diterima Susi Susanti Api Asian Games yang ada dalam lentera tersebut kemudian dibawa ke pelataran Candi Brahma di Komplek Candi Prambanan.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman mendapat kehormatan karena menjadi tempat pertama kedatangan Api Asian Games 2018.

"Sleman menjadi tuan rumah pada moment penyatuan Api Abadi yang dibawa dari India dan Api Abadi dari Mrapen, Gorobogan, Jawa Tengah, yang kemudian menjadi obor Asian Games Tahun 2018," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, momentum ini dapat semakin mengenalkan Kabupaten Sleman di mata internasional.  "Ini dapat mengenalkan  potensi-potensi wisata di Kabupaten Sleman ke dunia internasional," katanya.

Sebelum mengelilingi 18 provinsi yang mencakup 50 Kota di Indonesia, Api Abadi dari India yang mendarat di Bandara Adisutjipto dibawa ke Candi Boko pada 18 Juli 2018 dan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Bupati Sleman Sri Purnomo.

Setelah itu Api tersebut dibawa ke Candi Prambanan untuk penyatuan dengan Api Abadi dari Mrapen sekaligus dilepas oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.
 

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024