Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo berharap pada para jemaah haji untuk tetap konsisten dalam beribadah sepulangnya dari Tanah Suci.
   
 "Ketaatan kepada Allah tersebut tidak hanya dilakukan saat berada di Baitullah, namun dilanjutkan setelah pulang ke Tanah Air dan  keluarga," kata Sri Purnomo saat menyambut kedatangan Jemaah Haji Kloter 21 SOC di Masjid Agung Wahidin Soedirohoesodo, Beran, Tridadi, Sleman, Senin.
     
Menurut dia, gelar haji yang disandang menjadi panutan masyarakat sekitar setibanya pulang ke Tanah Air.
     
Setibanya di kampung halaman, haji menjadi salah satu panutan warga masyarakat baik dalam beribadah maupun sikap perilaku. Salah satunya dengan bersama-sama memakmurkan masjid di sekitar tempat tinggal  dengan menghidupkan sholat berjamaah di masjid," katanya.
     
Bupati Sleman dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasinya kepada para pembimbing haji, petugas haji serta pihak-pihak yang telah memberikan kontribusinya terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun ini.
     
Jemaah Haji Kloter 21 SOC yang merupakan kloter pertama dari Kabupaten Sleman tiba di Indonesia, Senin 3 September 2018.
     
Para jemaah haji yang mendarat di Embarkasi, Surakarta disambut langsung Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Asrama Haji Donohudan.
     
Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Sleman Iriansya mengatakan bahwa jemaah haji Sleman yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.219 orang, terbagi menjadi empat  kloter, yaitu kloter 21 SOC 359 orang, kloter 25 SOC 360 orang, kloter 26 SOC 358 orang, dan kloter 27 SOC 144 orang.
     
"Tiga hari sebelum pulang ke tanah air, jamaah haji Kloter 21 SOC atas nama Paimin Hardja Pawira (74) asal Sumberharjo, Prambanan meninggal dunia di Tanah Suci," katanya.
     
Selain itu, sebelumnya satu jemaah haji atas nama Soejatmin Siswo Taruno (86) asal Sidoarum, Godean dari Kloter 26 SOC juga meninggal dunia pada 1 Agustus 2018 di Tanah Suci.
     
"Total jamaah haji asal Sleman yang meninggal di Tanah Suci ada dua orang," katanya.
     
Pemulangan jamaah haji asal Sleman selanjutnya untuk Kloter 25 SOC pada Selasa (4/9/18), sedangkan Kloter 26 dan 27 SOC akan pulang pada Rabu (5/918).
 

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024