Temanggung (ANTARA) - Para petani di lerang Gunung Sumbing, Dusun Lamuk, Desa Legoksari, Kecamatan  Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu, menggelar ritual Kirab Budaya Puji Jagat.

Ketua Panitia Kirab Puji Jagat Lukman Sutopo di Temanggung, Rabu, mengatakan, kegiatan ritual sudah dimulai sejak Selasa (12/7) malam dengan prosesi rakit sesajen, siram jamas.

Kegiatan diikuti perangkat desa, pelaku seni, yang dijamasi oleh pemangku adat kemudian dilanjutkan dengan Boyong Gongso dan pagi harinya dilakukan Kirab Puji Jagat.

"Kirab Puji Jaget merupakan ritual selamatan dusun, dengan berbagai rangkaian acara. Pertama upacara pembukaan dihadiri sesepuh desa, tokoh masyarakat, seniman, dan lain-lain. Selanjutnya dilakukan kirab keliling desa sampai dengan mata air Tuk Ringin. Pesertanya, antara lain seniman jaran kepang, reog, dan topeng ireng," katanya.

Selain kelompok kesenian, kirab juga membawa tiga tumpeng nasi dan dua gunungan hasil bumi yang belum diolah, kemudian tumpeng darat hasil bumi yang sudah diolah menjadi kue, tumpeng, dan ingkung ayam.

"Tumpeng dikirab keliling desa dipimpin oleh sesepuh adat sampai Tuk Ringin. Di situ kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk keselamatan," katanya.

Selanjutnya seluruh kelompok kesenian yang ikut kirab melakukan pentas dan ritual diakhiri dengan perebutan gunungan hasil bumi oleh masyarakat.

Bupati M. Al Khadziq mengatakan Legoksari merupakan salah satu desa yang masih kental memegang adat dan tradisi di wilayah Temanggung bagian selatan.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2024