Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta mengenalkan logo Hari Ulang Tahun Ke-266 Yogyakarta secara lebih luas, tidak hanya untuk warga di kota tersebut tetapi juga hingga ke tingkat nasional bahkan hingga ke duta besar negara sahabat.

"Peluncuran logo dilakukan di dua lokasi sekaligus, yaitu di Jakarta dan kemudian di-streaming dari Yogyakarta," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya di Yogyakarta, Senin.

Peluncuran logo hari ulang tahun (HUT) ke-266 Kota Yogyakarta di Jakarta rencananya digelar pada 1 Oktober bertepatan dengan kegiatan Pesona Budaya Nusantara 2022 di TMII saat Kota Yogyakarta bertindak sebagai "host" acara tersebut.

Acara tersebut, lanjut Aman, tidak hanya dihadiri perwakilan dari DIY saja tetapi juga dari seluruh Indonesia dan dihadiri oleh sejumlah duta besar negara sahabat.

"Kami berharap, peringatan hari ulang tahun Yogyakarta bisa dikenal luas dan peluncuran logo tersebut menjadi awal dari gereget peringatan ulang tahun Kota Yogyakarta," katanya.

Sedangkan di Kota Yogyakarta, peluncuran logo yang juga dilakukan pada waktu yang sama akan dipusatkan di Jembatan Kleringan yang melintas Sungai Code.

Lokasi tersebut dipilih karena jembatan adalah landmark kota. "Kami bangga karena Kota Yogyakarta dibelah tiga sungai dan jembatan yang menghubungkannya menjadi landmark kota," katanya.

Selain Sungai Code, dua sungai besar yang membelah Kota Yogyakarta adalah Sungai Winongo dan Sungai Gajah Wong.

"Jembatan akan diberi penanda berupa logo HUT Kota Yogyakarta. Masyarakat maupun pengampu wilayah juga diimbau untuk memeriahkan HUT dengan memasang logo," katanya.

Setelah peluncuran logo yang mengawali rangkaian HUT Kota Yogyakarta, akan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan yang memadukan peran serta aktif dari berbagai unsur di masyarakat, kegiatan seni dan budaya serta pameran produk UMKM.

"Puncak kegiatan adalah Wayang Jogja Night Carnival yang akan digelar pada 7 Oktober. Karnaval seni budaya tersebut akan kembali digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu, dan Jalan Margo Utomo," katanya.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Kris Sarjono Sutejo mengatakan, total akan ada 14 kegiatan sebagai rangkaian HUT ke-266 Kota Yogyakarta yang digelar secara terus menerus pada 1-9 Oktober.

"Semua kelompok masyarakat diajak untuk memeriahkan seluruh kegiatan yang menjadi rangkaian ulang tahun kota," katanya.

Pewarta : Eka Arifa Rusqiyati
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024