Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memfasilitasi tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 menggelar Deklarasi Kampanye Damai untuk kontestasi demokrasi tersebut.

"Tahapan terakhir kita mengadakan deklarasi kampanye damai, harapannya dengan deklarasi kampanye damai ini semua peserta mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku dalam seluruh tahapan kampanye," kata Ketua KPU Bantul Joko Santoso usai deklarasi di Bantul, Senin.

Deklarasi Kampanye Damai tersebut menjadi kegiatan akhir dari tahapan pencalonan Pilkada 2024, deklarasi dilakukan setelah dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut oleh tiga pasangan calon, setelah sebelumnya mereka pada Minggu (22/9) ditetapkan sebagai peserta Pilkada di Bantul.

"Para peserta yang mendapatkan nomor urut agar mematuhi peraturan undang-undang yang berlaku dalam seluruh tahapan kampanye, menyampaikan visi dan misi kampanye yang berbudaya, kampanye yang santun sampai 23 November 2024," tuturnya.

Menurut dia, untuk tahapan kampanye pilkada bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati mulai dilaksanakan pada 25 September sampai 23 November, atau selama dua bulan sebelum memasuki tiga hari masa tenang jelang pemungutan suara 27 November 2024.

Dalam deklarasi kampanye damai tersebut, Ketua KPU Bantul membacakan deklarasi yang kemudian ditirukan semua calon bupati dan calon wakil bupati serta perwakilan tim kampanye pasangan yang ikut dalam kegiatan tersebut.

"Kami calon bupati dan wakil bupati partai politik pengusul beserta tim kampanye dan para pendukung berjanji. Satu, mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ujarnya.

Kemudian, yang kedua, calon bupati dan wakil bupati beserta tim siap melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang.

"Tiga. Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Demikian naskah deklarasi ini kami bacakan sebagai komitmen bersama menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul," kata Joko.


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024