Yogyakarta (ANTARA) -
Gelaran Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2024 yang diadakan oleh Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 27-28 September 2024 di Jogja Expo Center sukses menyedot perhatian ribuan pengunjung.

Dalam ajang yang tahun ini mengusung tema "Back To The Soul" itu berisi sederet atraksi menarik.

Salah satu atraksi yang paling dinanti para pecinta motor dalam gelaran ini adalah aksi freestyle yang menampilkan sejumlah talenta.

Salah satunya Wawan Tembong, yang merupakan freestyler populer yang kerap menampilkan aksinya di berbagai ajang kejuaraan Indonesia maupun di luar negeri. 

Mengendarai motor gede atau moge Harley Davidson, Wawan selama hampir 30 menit memperagakan berbagai aksi mendebarkan dengan sempurna. Mulai dari berdiri di atas sepeda motor hingga berputar putar lincah menggunakan berbagai trik.

"Wawan Tembong sengaja kami undang mengisi acara ini karena dia memang memiliki banyak prestasi di bidang freestyle, semoga bisa menjadi inspirasi para pecinta motor," kata Ketua Panitia Pelaksana JBR 2024 Pungky, Sabtu (28/9).

Prestasi Wawan Tembong salah satunya saat tampil dalam gelaran Superchallenge Supermoto Seri 1, yang berlangsung di sirkuit NP. Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, April 2024 lalu.

Wawan Tembong yang ikut serta dalam kejuaraan tersebut, dengan bertarung di bawah bendera Bray Racing Team sukses meraih dua Podium di kelas Trail 180 Mater podium ke 1 dan FFA 450 Master podium ke 2.

Selain aksi freestyle, perhelatan hari kedua JBR 2024 juga dimeriahkan dengan sederet bikers games. Seperti fun drag race, slalom sedotan, hingga lomba adu panco yang digelar untuk mempererat keakraban para bikers dari seluruh penjuru Nusantara. 

Menggunakan motor minimal 250 cc, para bikers berlomba untuk memasukan sedotan ke dalam botol kaca pada permainan slalom sedotan. 

Sedangkan fun drag race diikuti oleh motor minimal 400 cc di mana para bikers berlomba untuk melintasi garis finish pada jalur permainan.

Tidak hanya itu, pada panggung utama dan area indoor, Jogja Bike Rendezvous 2024 juga menghadirkan pertunjukan Cabaret Show yang membuat suasana event ini semakin ramai, tentunya dengan aksi dari para pemain Cabaret Show yang mampu menarik perhatian para biker yang hadir. 

Meskipun banyak menghadirkan hiburan dan performa, Jogja Bike Rendezvous 2024 juga menyediakan pelayanan dan fasilitas yang memadai, seperti adanya booth untuk periksa gigi secara gratis dan pengadaan booth donor darah yang bisa diakses oleh semua biker.

Ketua Pengurus Daerah HDCI DIY Santoso Rochmad mengatakan aktivasi dalam event JBR 2024 sengaja dibuat cukup beragam agar bisa dinikmati oleh para biker dan masyarakat yang berkunjung.

"Jogja Bike Rendezvous 2024 ini salah satu misinya meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah klub motor yang datang dari luar kota dan pulau, sehingga memenuhi hotel, pusat kuliner, belanja, dan tentunya destinasi pariwisata," kata dia. 

Santoso mengatakan acara tahun ini mengangkat tema "Back To The Soul" sebagai simbol refleksi harapan masyarakat Indonesia untuk kembali pada nilai-nilai luhur dan semangat kebersamaan.
 
Jogja Bike Rendezvous 2024 berupaya konsisten dalam mewadahi para biker seluruh Indonesia yang turut hadir untuk bisa berekspresi dengan tertib, aman, dan kondusif. Adapun tujuan yang tetap terjaga dengan diadakannya Jogja Bike Rendezvous 2024 ini, yaitu peningkatan di sektor pariwisata dan ekonomi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah klub motor yang datang dari luar kota dan pulau, sehingga memenuhi hotel, pusat kuliner, belanja, dan tentunya pariwisata.

Sebagai bentuk rasa kepedulian kepada sesama, rangkaian acara Jogja Bike Rendezvous 2024 juga memberikan 1.000 Al Quran kepada Panti Asuhan Yatim Yogyakarta. 

Penyerahan Al Quran tersebut dilakukan secara simbolis langsung oleh Ketua Panitia JBR 2024 Pungky kepada perwakilan Panti Asuhan Yatim Yogyakarta. Hal ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antarsesama.

Tidak hanya penampilan band dan DJ saja, namun ada hal yang menarik pada tahun ini, seperti adanya atraksi Globe Death sebagai salah satu ikon JBR tahun ini, yang sangat jarang dilakukan dan diadakan oleh event serupa, pasalnya atraksi ini menjadi daya tarik yang kuat bagi para biker dan pengunjung yang hadir untuk melihat bola raksasa yang diisi oleh beberapa motor di dalamnya.

Pewarta : SP
Editor : Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024