Jogja Bike Rendeveous HDCI jadi stimulus kebangkitan ekonomi

id Jogja Bike Rendeveous

Jogja Bike Rendeveous HDCI jadi stimulus kebangkitan ekonomi

Wagub DIY Paku Alam X Adipati Kadipaten Pakualaman didampingi Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa memukul gong sebagai pembukaan Jogja Bike Rendeveous (JBR) 2022 di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Sabtu (17/9/2022) (ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan kegiatan Jogja Bike Rendeveous (JBR) sebagai salah satu event gathering Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) di Jogja Expo Center, Yogyakarta pada 16-18 September dapat menjadi stimulus kebangkitan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X Adipati Kadipaten Pakualaman dalam sambutan pembukaan JBR di Yogyakarta, Sabtu, mengatakan, bahwa kegiatan dengan tagline 'Ride and Rise as Unity' menjadikan acara ini menjadi gerakan linier di dalam mendukung Indonesia pada Presidensi G20, Recover Together, Recover Stronger.

"Besar harapan perhelatan ini dapat menjadi stimulus kebangkitan ekonomi dan juga industri pariwisata pada masa pandemi COVID-19," kata Wagub membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dia juga berharap, kegiatan JBR dalam event HDCI di Yogyakarta selama dua hari ke depan dapat berjalan lancar, dan mendukung industri otomotif nasional.

"Semoga acara berjalan lancar, aman dan tertib sehingga pada akhirnya dapat memberikan kontribusi yang optimal demi kemajuan otomotif khususnya sepeda motor di Yogyakarta dan Indonesia," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa dalam sambutannya mengatakan, bahwa event HDCI di Yogyakarta ini ebih membesarkan tema bakti sosial daripada kegiatan atau yang bertemakan touring.

"HDCI sepakat menetapkan tema besar pada acara JBR ini adalah bakti sosial, HDCI peduli wong cilik, HDCI peduli UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dan HDCI peduli terhadap bangkitnya pariwisata," katanya.

Menurut dia, kegiatan HDCI dengan tema bakti sosial tidak akan berhenti sampai di perhelatan di Yogyakarta, namun juga dilakukan di daerah-daerah lain di tengah pandemi COVID-19, dengan mempelopori kegiatan untuk Indonesia Bangkit.

Sementara itu, Ketua Panitia JBR HDCI Sobri Emiga Sando mengatakan, event ini terakhir diselenggarakan pada 2015 atau tujuh tahun lalu. Dengan tema 'Ride and Rise as Unity' ini dengan berbagai rangkaian kegiatan yang mencerminkan untuk bersama bangkit setelah terkena pandemi COVID-19.

"Rangkaian JBR terdiri beberapa acara, yaitu Java Rally, Gathering, dan Drag Race seri 1. Alhamdulillah drag race pada 16 September yang dihadiri para biker dan diikuti oleh pengcab, pengda HDCI seluruh Indonesia berjalan lancar, semoga acara hari ini sampai besok dapat berjalan lancar," katanya.