Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta memaksimalkan Tim Khusus Penanggulangan Peredaran Minuman Keras sebagai upaya memberantas peredaran minuman keras maupun minuman beralkohol ilegal di wilayah hukum kabupaten setempat.

"Kami maksimalkan Tim Khusus Penanggulangan Peredaran Miras untuk menggencarkan razia di tempat-tempat yang disinyalir menjual miras tanpa izin dan tidak sesuai aturan," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Michael R Risakotta di Bantul, Jumat.

Menurut dia, langkah tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Bantul Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pengendalian, Pengawasan Minuman Beralkohol dan Pelarangan Minuman Oplosan di wilayah Kabupaten Bantul.

Selain itu, kata dia, kepolisian juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam pemberantasan minuman keras, salah satunya dengan melaporkan bila ada yang menjual atau pesta minuman keras di lingkungannya.

"Kami mengajak masyarakat untuk berperan serta aktif memberikan informasi ke pihak kepolisian terutama hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas)," katanya.

Kapolres juta mengatakan, terus gencar melakukan sosialisasi pemberantasan peredaran minuman keras dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Kami melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat, rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), tokoh pemuda dan ibu-ibu PKK, karena kami tidak mungkin bekerja sendiri dalam melakukan itu tanpa bantuan dari masyarakat," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Polres Bantul berkomitmen memerangi peredaran minuman keras di Bantul, dikarenakan banyak pelaku kejahatan mengkonsumsi minuman keras terlebih dahulu sebelum melakukan kejahatan, selain itu, akibat minuman keras oplosan berdampak pada korban jiwa.

"Dampak dari minuman oplosan banyak terbukti telah mematikan banyak manusia. Dari dulu kami menyatakan perang terhadap miras karena membahayakan kesehatan hingga bisa menimbulkan kematian," katanya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, Polres Bantul menyita ratusan botol minuman keras oplosan dalam razia yang gelar pada Kamis (3/10) malam, barang disita di dua lokasi berbeda, yakni di Sumberagung Jetis dan Sabdodadi Bantul.

"Sebanyak 134 botol minuman keras kami amankan dalam razia yang digelar tadi malam. Tentunya, Polres Bantul terus memberantas peredaran miras di wilayah Bantul dengan melakukan razia-razia di berbagai lokasi," katanya.


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Victorianus Sat Pranyoto
Copyright © ANTARA 2024