Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta telah menerima kiriman logistik pemilihan berupa surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul Tahun 2024 sebanyak 765.337 lembar.

"Kami sampaikan, untuk surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang diterima sejumlah 384 boks yang berisi 765.337 lembar surat suara," kata Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Bantul Mestri Widodo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, logistik surat suara pilkada tersebut kemudian disimpan di gudang logistik KPU Bantul yang ada di Jalan Parangtritis, bersama dengan logistik lainnya yang telah lebih dulu diterima dari rekanan yang ditunjuk KPU.

Dia mengatakan, jumlah surat suara pilkada tersebut sesuai dengan kebutuhan KPU Bantul, yaitu sebanyak daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan sebanyak 745.992 pemilih ditambah sejumlah 2,5 persen dari jumlah DPT tersebut.

"Pasca-terbitnya keputusan KPU Bantul tentang Penetapan Rekapitulasi DPT, KPU Bantul menerbitkan Berita Acara (BA) tentang kebutuhan surat suara pilkada dicetak dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2024 sebanyak 765.337 surat suara," tuturnya.

Meski demikian, kata dia, KPU Bantul juga menerima surat suara pilkada yang digunakan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU), apabila nantinya ada hal hal yang kemudian harus dilakukan pemungutan ulang.

"Surat suara yang diterima juga satu boks berisi 2.000 lembar surat suara PSU," ucap Mestri.

Lebih lanjut, kata dia, logistik pilkada tersebut nantinya akan didistribusikan ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) se-Bantul yang berjumlah 1.487 TPS, setelah dilakukan proses sortir dan lipat surat suara.

KPU Bantul menjadwalkan tahapan proses dan sortir lipat semua surat suara pilkada tersebut pada Sabtu (19/10) dengan melibatkan tenaga kerja yang berpengalaman pada tahun tahun sebelumnya.

Pilkada Bantul Tahun 2024 diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yaitu pasangan Untoro Hariadi-Wahyudi Anggoro Hadi, kemudian pasangan Abdul Halim Muslih-Aris Suharyanta, dan pasangan Joko Purnomo-Rony Wijaya Indra Gunawan.


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Victorianus Sat Pranyoto
Copyright © ANTARA 2024