Gunungkidul (ANTARA) - Klub bola voli asal Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ganeksa Bhumikarta, menjadi salah satu kekuatan besar dalam dunia bola voli Indonesia.

Manajer Tim Divisi I Bola Voli Ganeksa Bhumikarta Ero Panitri di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan klub ini, dulunya dikenal dengan nama Klub Bola Voli Putra Panji, mengalami metamorfosa signifikan dari sebuah klub lokal menjadi salah satu klub bersinar di level nasional.

"Perjalanan panjang yang dijalani oleh klub ini tidak mudah. Namun, dengan semangat pantang menyerah dan kerja keras, Ganeksa Bhumikarta berhasil mengukir prestasi di pentas nasional," kata Ero Panitri dalam rilisnya.

Ia mengatakan Ganeksa Bhumikarta adalah metamorfosa dari Klub Bola Voli Putra Panji. Proses perubahan nama klub terjadi dalam beberapa fase. Klub pertama kali didirikan pada era 1990-an dengan nama Putra Panji di Plumbungan, Putat, Patuk, yang kini dikenal dengan sebutan Kampung Emas. 

"Perjalanan klub terus berkembang, hingga pada periode 2001-2020, nama klub berubah menjadi Ganeksa Voli Ball yang dipimpin oleh Rudy Harsono," katanya.

Pada awal 2021, terjadi regenerasi kepengurusan, di mana Supardiyono, yang lebih akrab disapa mas Adji, mengambil alih klub tersebut. 

Kepemimpinan baru semakin membawa Ganeksa Bhumikarta berkembang dan mengarah pada pendirian Persatuan Bola Voli (PBV) yang menjadi anggota PBVSI Gunungkidul.

"2017 dipimpin mas Adji jadi klub resmi Gunungkidul anggota PbVSI Gunungkidul," katanya.

Selain itu, Ganeksa Bhumikarta juga mendirikan sekolah bola voli untuk pelajar maupun kalangan dewasa. Berbagai upaya tersebut membuahkan hasil. 

"Aktif berpartisipasi dalam berbagai kompetisi, seperti Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) dan Kejuaraan Daerah (Kejurda)," bebernya.

Prestasi puncaknya terjadi pada 2024, ketika Ganeksa Bhumikarta berhasil lolos dari babak provinsi dan melaju ke babak semifinal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Divisi Satu Livoli 2025.

Dikatakan, Sekretariat Ganeksa Bhumikarta berlokasi di Bunder, Patuk, yang menjadi pusat kegiatan klub ini.

"Harapannya sekolah bola voli bisa menjadi wadah menyalurkan bakat dan berkontribusi mencetak atlet untuk Gunungkidul, DIY dan Nasional," kata dia.

Dengan berbagai pencapaian yang diraih, perjalanan Ganeksa Bhumikarta menjadi bukti nyata bahwa klub bola voli lokal dari Gunungkidul mampu bersaing dan mencetak prestasi di tingkat nasional.

Pewarta : SP
Editor : Sutarmi
Copyright © ANTARA 2024