Bantul (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan pekerjaan infrastruktur jalan dan peningkatan kualitas jalan pada tahun anggaran 2024 dapat selesai sebelum akhir Desember.

"Secara keseluruhan proyek pekerjaan di Bantul itu untuk anggaran 2024 sudah jalan semua, bahkan sudah ada beberapa hampir selesai, kita optimistis tidak sampai akhir tahun sudah selesai," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPKP Bantul Jimmy Alran Manumpak Simbolon di Bantul, Selasa.

Menurut dia, ada paket pekerjaan infrastruktur jalan sebanyak 120 ruas jalan dengan panjang penambahan sekitar 20 kilometer pada tahun 2024, untuk merealisasikan pekerjaan tersebut, Pemkab Bantul menggelontorkan anggaran sebesar Rp81 miliar.

"Prediksi kita mungkin sekitar 20 Desember sudah selesai, kita usahakan, apalagi di anggaran perubahan 2024 tidak begitu banyak pekerjaan, jadi optimis di minggu ketiga Desember bisa selesai semua," katanya.

Meski demikian, kata dia, pemerintah daerah tetap melakukan komunikasi dan memantau progres pekerjaan infrastruktur jalan secara ketat yang dilakukan rekanan, dan meminta agar rekanan dapat menyelesaikan sesuai rencana.

"Karena memang ada beberapa kontrak yang baru berjalan hampir sebulanan, makanya kami harus optimis di minggu ketiga Desember selesai, dan kita selalu evaluasi, saat ini kita lebih sering evaluasi lapangan," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, target pekerjaan selesai minggu ketiga Desember itu adalah untuk semua jenis pekerjaan di DPUPKP Bantul, termasuk proyek penataan kawasan di wilayah Banguntapan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

'Sudah semuanya, yang di Banguntapan masih 'on' proses, dan proses masih bagus, sesuai, karena selain kita daerah yang mantau, dari pusat juga mantau karena menggunakan dana DAK, kita harap jadi contoh untuk penataan kawasan di Bantul," katanya.
 


Pewarta : Hery Sidik
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024