Jakarta (ANTARA) - Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang menjadi momen yang penuh kesan bagi jajaran kabinet yang mengikuti senam pagi, latihan baris-berbaris, hingga pembekalan.

Menurut sejumlah anggota kabinet, kegiatan ini bukan hanya menguji fisik, tetapi juga mempererat ikatan antaranggota kabinet, menyelaraskan visi, dan membentuk kekompakan sebagai satu tim.

"Kesannya sangat baik, saya rasa ini adalah suatu langkah yang sangat efektif bagaimana kita di Kabinet Merah Putih ini bisa menyamakan langkah dan frekuensi," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dalam siaran pers Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima, di Jakarta, Sabtu.

Menpora Dito juga menekankan pentingnya hubungan kemanusiaan dan ikatan antaranggota kabinet. Bahkan, pendekatan ini mempercepat sinergi untuk mewujudkan tujuan Presiden RI Prabowo dalam membentuk kabinet yang cepat dan efektif.

"Jadi, ini mempercepat karena Bapak Presiden ingin Kabinet Merah Putih bekerja cepat dan bekerja efektif," ungkap Dito.

Sementara itu, Menteri Agama Nasaruddin Umar menilai kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kekompakan dan menyatukan visi kabinet.  Kegiatan ini bentuk shock therapy yang penting, tidak hanya bagi anggota kabinet, tetapi juga untuk pejabat eselon di berbagai instansi.

"Latihan sekarang ini saya kira bukan hanya penting untuk para kabinet, melainkan juga pejabat eselon 1, pejabat eselon 2 setiap instansi, itu saya kira sangat bagus untuk melakukan hal yang sama," ucap Nasaruddin Umar.

Di sisi lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyoroti tantangan bangun pagi yang jarang dilakukannya.

Namun, dia mengakui bahwa latihan disiplin ini baik untuk mengajarkan tanggung jawab dalam keadaan apa pun dan berharap kegiatan serupa bisa diterapkan di kementeriannya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Retreat Kabinet Merah Putih bangun sinergi dan disiplin

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024