Yogyakarta (ANTARA) - Sarapan merupakan kegiatan mengonsumsi makanan di pagi hari, sarapan pagi dilakukan antara pukul 06.00 hingga 09.00. Dalam konteks gizi, sarapan pagi penting karena dapat memenuhi sekitar 15-25% dari kebutuhan gizi harian seseorang, termasuk kalori dan protein yang diperlukan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Salah satu cabang organisasi kesehatan yaitu PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) Kota Trenggalek dengan alamat website pafitrenggalek.org menjelaskan bahwa sarapan membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, terutama pada anak-anak dan remaja yang sedang belajar. 

Kebiasaan sarapan juga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk risiko kardiovaskular.

Dalam melakukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dari sarapan pagi, PAFI Kota Madiun dengan alamat website pafikotamadiun.org melakukan riset mendalam tentang kelebihan dari sarapan pagi sebelum beraktivitas. 

Apa saja yang terjadi pada tubuh jika lupa untuk sarapan pagi. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lengkap mengenai keutamaan dan jenis sarapan pagi apa saja yang sehat.

Apa saja manfaat utama sarapan pagi bagi tubuh sebelum memulai beraktivitas?
  Foto ilustrasi (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)
Sarapan memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari sarapan:

1. Memberikan energi
Sarapan berfungsi sebagai sumber energi utama setelah puasa semalaman, membantu memulai aktivitas harian dengan baik.

2. Meningkatkan konsentrasi serta daya ingat
Sarapan yang cukup dapat meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pada anak-anak dan remaja, sehingga mereka lebih fokus dalam belajar.

3. Menjaga tubuh agar tetap sehat selama beraktivitas
Kebiasaan sarapan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mengendalikan berat badan
Sarapan yang sehat dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan berkalori tinggi di siang hari.

5. Meningkatkan mood
Sarapan dapat berkontribusi pada suasana hati yang lebih baik, mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Membiasakan diri untuk sarapan setiap pagi adalah langkah penting untuk mendukung kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Anda dapat memulai kebiasaan untuk sarapan pagi mulai hari ini.

Apa saja menu makanan yang sehat untuk sarapan pagi? Foto ilustrasi (ANTARA/HO-freepik dari Freepik)
Ada beberapa menu makanan sehat yang bisa Anda coba sebelum memulai beraktivitas. Berikut adalah beberapa pilihan menu sarapan sehat yang dapat Anda coba untuk memulai hari dengan energi dan nutrisi yang optimal:

1. Nasi dengan telur dan tempe
Nasi putih yang kaya akan karbohidrat, dipadukan dengan telur dan tempe sebagai sumber protein.

2. Lontong sayur
Lontong yang disajikan dengan sayur, telur bulat, dan tahu untuk menambah asupan sayuran. Ini adalah sarapan paling ideal dan sehat untuk tubuh.

3. Bubur ayam
Bubur ayam yang kaya akan karbohidrat dan protein, bisa ditambahkan dengan telur rebus dan kacang menjadi salah satu menu sarapan paling sehat dan lezat.

4. Oatmeal dengan buah dan kacang
Bagi Anda yang tidak suka dengan nasi, Anda dapat mencoba sarapan oatmeal yang dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan sebagai sumber serat dan vitamin.

Dengan berbagai pilihan menu sarapan yang sehat, Anda dapat menjaga stamina dan kesehatan tubuh sepanjang hari.
 

Pewarta : SP
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024