Pemda DIY pastikan temuan gua tidak hentikan proyek JJLS Gunungkidul

id JJLS,gua gunungkidul,Pemda DIY

Pemda DIY pastikan temuan gua tidak hentikan proyek JJLS Gunungkidul

Foto Arsip - Pengendara sepeda motor melintas di Jalur Jalan Lintas Selatan di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Kamis (28/4/2022). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) memastikan proyek pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kabupaten Gunungkidul terus berlanjut dengan menghindari kawasan gua yang ditemukan beberapa waktu lalu di Planjan, Kecamatan Saptosari.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono, di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta, Rabu, mengatakan bahwa proses pembangunan JJLS tidak boleh berhenti menyusul temuan itu.

"Pembangunan itu jalan terus dilakukan, tapi hindari dulu area gua," kata Beny.

Sebelumnya, sebuah gua dengan stalaktit dan stalagmit ditemukan di lokasi pengerjaan proyek JJLS di wilayah Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta pada 15 Oktober 2024.

Beny menuturkan saat ini Pemda DIY tengah melakukan kajian ilmiah bersama tim peneliti UGM untuk mengetahui karakteristik gua termasuk potensi pengembangan yang bisa dilakukan di kawasan itu.

"Apakah gua itu harus ditutup permanen atau bahkan akan dikembangkan untuk objek-objek yang lain, tapi untuk jalan menghindari dulu," ujar dia.

Meski masih dikaji, Beny meyakini penemuan gua itu tidak akan berdampak pada perubahan trase proyek JJLS di wilayah Gunungkidul.

"Tidak (berubah), toh bergeser kan tidak terlalu jauh. Kecuali nanti sepanjang itu ketemu gua semua, ya mesti bergeser kalau itu," ujar dia pula.

Sebagai kawasan karst, Beny menyebut Kabupaten Gunungkidul menyimpan banyak potensi gua di bawah tanah.

"Di dalam perut buminya itu kan lebih dari 400-lah gua, tapi memang yang sudah diidentifikasi baru 100 sekian," ujar dia pula.

Guru Besar Fakultas Geografi UGM Prof Eko Haryono mengatakan telah diminta Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY untuk meneliti gua tersebut.

Selain Eko yang memiliki kepakaran di bidang ilmu geomorfologi, penelitian itu turut melibatkan tim dari Teknik Geologi UGM.

Tim dari Teknik Geologi UGM, kata dia, memiliki porsi kajian terkait kekuatan batuan gua, sedangkan Eko bakal menghitung ketebalan atap serta luasan gua.

Dia memperkirakan proses penelitian itu bakal memakan waktu hingga empat hari.

"Seluruhnya yang bisa dipetakan akan kami petakan. Mungkin ini butuh empat hari," kata dia pula.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemda DIY pastikan temuan gua tak hentikan proyek JJLS di Gunungkidul
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024