Dua gol Ronaldo bawa Real ke semifinal

id Dua goal Ronaldo bawa Real

Dua gol Ronaldo bawa Real ke semifinal

Cristiano Ronaldo (Foto msw98.blogspot.com)

Madrid (ANTARA/AFP Jogja) - Juara sembilan kali, Real Madrid, melaju ke semifinal Liga Champions pada Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB, dengan mengalahkan APOEL Nicosia 5-2 pada pertandingan kedua perempat final dan menang agregat 8-2.

Dua gol Cristiano Ronaldo, serta gol-gol dari Kaka, Angel Di Maria, dan Jose Maria Callejon, memastikan raksasa Spanyol tersebut akan bertemu dengan Bayern Muenchen - yang mengalahkan Marseille dengan skor 2-0 pada Selasa dan menang agregat 4-0 - pada semifinal.

Gol Gustavo Manduca dan penalti Esteban Solari menjadi hiburan bagi klub Siprus tersebut.

Hasil ini tidak pernah benar-benar meragukan setelah Real menang 3-0 pada pertandingan pertama di Siprus, meski demikian tim tamu memberi perlawanan yang bagus pada malam yang basah di ibukota Spanyol tersebut.

APOEL tersingkir dari Liga Champions musim ini setelah melakukan perjalanan yang mengagumkan, dengan menjadi tim Siprus pertama yang mampu mencapai babak perempat final.

Real Madrid akan menghadapi Bayern dengan catatan nyaris sempurna, tim Spanyol tersebut memenangi sembilan dari sepuluh pertandingan mereka, mencetak 32 gol dan hanya kemasukan enam gol.

APOEL memulai pertandingan dengan bermain sangat dalam, mereka berupaya untuk membuat kubu tuan rumah frustasi, taktik yang menyulitkan Real pada pertandingan pertama sampai menit ke-77.

Bagaimanapun juga, Real kali ini bereaksi lebih cepat, dan pada menit kedua Gonzalo Higuain mendapat keuntungan dari lemahnya sapuan bola terhadap umpan silang Ronaldo, namun sundulannya masih melebar.

Kesalahan di lini pertahanan oleh Savvas Poursaitides tiga menit berselang, membuat Ronaldo mendapat peluang bersih untuk melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun Urko Pardo, kiper Spanyol yang mengawal gawang APOEL, mampu memblok dengan baik.'

Tim Siprus ini mulai mampu menenangkan diri setelah gawangnya terancam pada menit-menit awal, dan sesekali mulai dapat menguasai bola.

Pada menit ke-20 mereka menebar ancaman ke area pertahanan Real, dan Sergio Ramos melakukan tekel tepat waktu ketika Ailton mengecoh Iker Casillas di depan mulut gawang Real.

Ronaldo nyaris membuka keunggulan Real pada menit ke-25, ketika ia menyundul tendangan bebas Nuri Sahin, namun tandukannya masih melintas di atas mistar gawang. Namun semenit berselang, ia tidak membuat kesalahan ketika umpan silang Marcelo dari sayap kiri menemui dirinya yang tidak terjaga di dalam kotak penalti APOEL.

Kaka kemudian mencoba peruntungannya dengan tembakan melengkung dari luar kotak penalti pada menit ke-34, namun bola masih terlalu tinggi.

Bagaimanapun dua menit berselang, pemain Brazil tersebut melakukan tembakan melengkung dengan sempurna ke arah kanan, untuk membuat Real memimpin 2-0.

Kaka nyaris membuat gol ketiga Real pada menit ke-40, dengan tembakanan kaki kanan yang membentur tiang gawang, dan APOEL yakin bahwa mereka telah mendengar peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Jose Mourinho menggunakan babak kedua untuk mengistirahatkan beberapa pemain, dan memberi kesempatan bermain selama lebih dari 35 menit bagi Di Maria, untuk membantu pemulihannya setelah ia dililit cedera yang membuat dirinya absen untuk enam pekan.

Tim Siprus ini mendapatkan penghargaan atas permainan menghibur mereka pada menit ke-66, ketika pemain asal Brazil, Gustavo Manduca, mencetak gol untuk menipiskan ketertinggalan dari Real.

Kapten Constantinos Charalambides kemudian nyaris membawa tim Siprus tersebut meraih gol kedua, ketika APOEL menikmati saat-saat terbaiknya pada pertandingan ini.

Dengan 14 menit tersisa, Ronaldo mencetak gol melalui tendangan bebas mengejutkan. Ini merupakan gol kedelapannya dalam kompetisi musim ini, dan dua menit kemudian Callejon membuat skor berubah menjadi 4-1 dengan tembakan yang tidak dapat dihentikan.

Esteban Solari, adik kandung dari mantan bintang Real, Santiago, mencetak satu gol untuk APOEL dari titik penalti, sebelum Di Maria menuliskan namanya di papan skor melalui tendangan cungkil indah untuk Real.

(H-RF)