Podolski ingin Cologne bertahan di Liga Jerman

id Podolski ingin bantu Cologne

Podolski ingin Cologne bertahan di Liga Jerman

Pemain sepak bola FC Cologne Lukas Podolski. (Foto ANTARA/REUTERS / Morris Mac Matzen )

Berlin (ANTARA/AFP Jogja) - Lukas Podolski yang musim depan akan membela Arsenal berharap dirinya cukup bugar untuk membantu Cologne pada pertarungan mempertahankan diri di divisi utama Liga Jerman, melawan bekas klubnya, Bayern Muenchen, pada Sabtu, yang merupakan akhir pekan terakhir di Liga Jerman.

Penyerang Jerman berusia 26 tahun tersebut mengonfirmasi pada Senin, bahwa ia telah direkrut oleh The Gunners untuk musim depan, namun dengan Cologne saat ini masih menghuni peringkat ke-16 di klasemen, mereka membutuhkan setidaknya satu poin untuk memberi mereka peluang bertahan di divisi teratas.

Podolski tidak ikut berlatih pada Kamis karena sakit perut, namun pelatih Frank Schaefer yakin bahwa bintang Jerman tersebut akan dapat dimainkan untuk menghadapi Bayern, yang berada di peringkat kedua klasemen.

"Bayern tidak akan memberi kami sesuatu secara gratiz, mereka akan memainkan tim terbaiknya, dan kami akan memberikan segalanya," kata Podolski sebelum jatuh sakit.

"Kami harus mempertahankan penguasaan (bola) dan berjuang keras, kami harus ingat bagaimana kami mengalahkan mereka 3-2 pada musim lalu di kandang."

Bayern mendapat suntikan moral melalui berita Kamis, bahwa pemain bintang asal Belanda, Arjen Robben, memperpanjang kontraknya sampai 2015, di mana timnya akan menghadapi Chelsea di final Liga Champions di markas mereka sendiri, Allianz Arena, pada 19 Mei.

Sebaliknya, Cologne tidak dapat finish lebih tinggi dari peringkat ke-16, namun dengan Hertha Berlin, yang menjamu Hoffenheim, hanya tertinggal dua poin, mereka tidak boleh kalah.

Tim yang menghuni peringkat ke-16 di Liga Jerman akan memainkan dua pertandingan playoff melawan tim peringkat ketiga dari divisi kedua, pada dua pekan mendatang dengan jatah di divisi teratas sebagai taruhannya.

Podolski mengatakan bahwa ia berharap Cologne dapat menyelamatkan masa depan mereka, dan akan melakukan apapun yang bisa ia lakukan untuk membuat tim tersebut tetap berada di Liga Jerman sebelum ia hengkang.

"Tentu saja, saya tentu menginginkan kami tetap di (divisi) atas," kata Podolski, yang menghabiskan tiga musim di Bayern dari 2006 sampai 2009, namun gagal menampilkan permainan terbaik.

"Setelah kepergianku, saya akan berdoa agar klub ini terus berjalan."

"Saya harap ini tidak akan menjadi kasus, bahwa sekali Podolski pergi, semuanya runtuh dan berhamburan."

"Saya harap mereka dapat maju dengan dewan yang baru dan membangun semuanya dalam beberapa tahun, kemudian saya berjanji akan kembali."

Dengan titel juara Liga Jerman sudah berada dalam genggaman, sang juara, Borussia Dortmund, akan hadir dengan shield Liga Jerman pada Sabtu, apapun hasil pertandingan kandang terakhir mereka melawan Freiburg.

Pasukan Jurgen Klopp, yang mengoleksi 78 poin, dapat menciptakan sejarah saat mereka berupaya memecahkan total 79 poin milik Bayern, yang dua kali diraih Bayern pada awal periode 1970-an, untuk koleksi poin terbanyak dalam semusim Liga Jerman.

Dortmund akan mengucapkan selamat jalan pada penyerang Paraguay, Lucas Barrios, yang telah dikontrak klub China, Guangzhou, untuk musim depan, setelah kalah bersaing dengan Robert Lewandowski, di tim inti.

Jadwal
Sabtu:

Nuremberg vs Bayer Leverkusen, Cologne vs Bayern Munich, Werder Bremen vs Schalke 04, Augsburg vs Hamburg, Borussia Dortmund vs Freiburg, Hanover 96 vs Kaiserslautern, Hertha Berlin vs Hoffenheim, VfB Stuttgart vs VfL Wolfsburg, Mainz 05 vs Borussia M'gladbach
(H-RF)