Jambi raih emas polo air di Malaysia

id polo air

Jambi raih emas polo air di Malaysia

ilustrasi pertandingan polo air (antaranews.com)

Jambi (ANTARA Jogja) - Regu putri Jambi berhasil meraih medali emas setelah menjadi juara pertama pada kejuaraan polo air internasional di Negeri Sembilan, Malaysia, yang berakhir Minggu petang waktu setempat.

Jambi berhasil menjadi juara dan meraih emas setelah mengalahkan regu Malaka, Malaysia, dengan skor 8-7 pada pertandingan final di Stadion Negeri Sembilan, kata Tim Manajer Jambi Olsen Tiger saat dihubungi dari Jambi.

Pada pertandingan final tersebut anak asuhan Mulyadi yang dikapteni Nola dibabak pertama hingga keempat bermain seru saling kejar mengejar angka.

Bermodalkan dua pemain depan Chintya dan Ilham, dibabak terakhir regu putri Jambi berhasil mencuri angka dari Malaka hingga meraih kemenangan.

"Pada pertandingan final ini kondisi stamina anak-anak sedikit berkurang setelah harus lebih dahulu berlaga dibabak semifinal yang berlangsung dalam sehari ini namun berkat kekompakan tim akhirnya berhasil meraih gelar juara yang pertama kalinya untuk even internasional," kata Olsen.

Selain itu keberhasilan semua ini berkat doa masyarakat Jambi dan semua pihak yang telah mendukung cabang olahraga polo air bisa jadi juara atau meraih emas diajang internasional.

Olsen menambahkan, ajang internasional ini bukan merupakan sasaran utama karena masih ada PON XVIII di Pekanbaru, Riau pada September nanti dan Jambi harus bisa juga mengukir prestasi yang sama di tingkat nasional.

"Dengan modal pengalaman bertanding diajang internasional ini diharapkan materi permainan anak-anak dapat lebih meningkat dan mampu meraih medali di PON mendatang," tegas Olsen lagi.

Keberhasilan regu putri Jambi diajang kejuaraan internasional di Negeri Sembilan, Malaysia, setelah dipenyisihan grup B yang terdiri atas Thailand B, Selanggor (Malaysia) dan Kuala Lumpur, Jambi, keluar menjadi juara grup dengan angka penuh tidak pernah terkalahkan.

Kemudian dibabak semifinal regu Jambi juga berhasil menggalahkan lawan tangguh Thailand A dengan angka 10-7 dan akhirnya di final Jambi menaklukkan Malaka dengan angka tipis 8-7 dan mengantarkan regu putri Jambi meraih juara atau emas di kejuaraan tersebut.

Keikutsertaan regu putri Jambi ke kejuaraan internasional di Malaysia tersebut dalam rangka persiapan regu putri Jambi menghadapi PON ke-XVIII pada September nanti.

Kejuaraan di Malaysia tersebut sekaligus sebagai ajang ujicoba regu putri Jambi untuk persiapan menghadapi PON mendatang.

Ke-13 pemain putri Jambi yang diturunkan pada Kejuaraan itu  adalah penjaga gawang Tiwi dan Dina serta pemain yakni Ilham, Dewi, Manil, Ayu, Rani, Chintya, Kisi, Angel, Jesica, Putri Lase dan kapten regu Nola. (N009)