UNDIP luluskan 14 mahasiswa asing program Dharmasiswa

id UNDIP luluskan 14 mahasiswa asing

UNDIP luluskan 14 mahasiswa asing program Dharmasiswa

Univeristas Diponegoro (Undip) Semarang (antarajateng.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Sebanyak 14 mahasiswa asing dari berbagai negara yang mengikuti program Dharmasiswa di Universitas Diponegoro, Semarang, dinyatakan lulus dan menerima sertifikat dalam acara pelepasan di kampus Fakultas Ilmu Budaya universitas tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, Rektor Undip Prof. Sudharto P Hadi mengatakan, keempatbelas mahasiswa asing itu diharapkan lebih memperkenalkan Undip dan Indonesia di luar negeri.

"Bila ada satu hal yang baik ceritakanlah kepada teman, dan bila ada satu hal yang kurang mengenakkan beritahukanlah kami," pesannya kepada lulusan program Dharmasiswa itu.

Menurut dia, program Dahrmasiswa merupakan semangat Undip untuk menyambut "ASEAN Community". Peserta Dharmasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikan sarjana dapat melanjutkan pendidikan ke program magister atau doktor yang ada di Undip.

Sementara itu, Ketua Program Dharmasiswa Muzaka mengatakan peserta program Dharmasiswa itu satu orang berasal dari Ceko dan Madagaskar, serta 12 orang dari Vietnam.

"Mereka mulai menjalani orientasi di Jakarta pasa September 2011 dengan mengikuti pembekalan tentang keindonesiaan yantg meliputi bahasa dan kebudayaan," kata dosen Fakultas Ilmu Budaya Undip itu.

Selanjutnya, mereka mengikuti kuliah di Fakultas Ilmu Budaya selama dua semester. Materi kuliah semester pertama meliputi bahasa dan budaya Indonesia selama 180 jam.

"Selain itu masih ada kegiatan di luar kelas seperti 'homestay' dengan pendampingan mahasiswa Indonesia. mereka juga diajak mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Gereja Blenduk dan kawasan Kota Lama serta melihat beberapa pementasan kesenian Indonesia," katanya.

Pada semester kedua, selain belajar bahasa Indonesia, para peserta juga mempelajari kesenian Indonesia bersama mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Undip. Pada akhir semester kedua, mereka diwajibkan membuat tugas akhir dengan topik tertentu terkait dengan kebudayaan Indonesia yang dibimbing oleh dosen Jurusan Sastra Indonesia.

"Pada 2012, Undip akan menerima mahasiswa program Dharmasiswa dari Rumania, Ukraina, Jepang, Jerman, Kanada, Thailand dan Vietnam," kata Muzaka.
(Tz.SDP-49)