Stoner berpeluang absen di Grand Prix Ceko

id Stoner berpeluang absen di Grand Prix Ceko

Stoner berpeluang absen di Grand Prix Ceko

Casey Stoner (Reuters)

Brno (ANTARA Jogja/AFP) - Juara dunia, Casey Stoner, berpeluang absen pada Grand Prix Ceko yang akan berlangsung Minggu, setelah pergelangan kakinya patah dan ligamennya cedera saat dirinya jatuh pada balap di Indianapolis akhir pekan silam.

Pebalap Australia, yang akan pensiun di akhir musim ini, mendapat cedera itu akibat kecelakaan pada sesi kualifikasi, namun ia masih mampu menyelesaikan balap dengan menghuni peringkat keempat, pada balap yang dimenangi rekan setimnya di Honda, Dani Pedrosa.

Ia mengakui pada Kamis bahwa dirinya masih belum yakin dapat berpartisipasi di Brno, dan akan mengambil keputusan pada Jumat.

"Saya tidak merasa terlalu optimistis untuk Brno setelah melalui akhir pekan yang berat di Indy. Kecelakaan pada sesi kualifikasi pada pekan lalu meninggalkan masalah serius pada pergelangan kakiku," kata Stoner, yang berada di peringkat ketiga pada klasemen kejuaraan dunia, 21 poin di bawah peringkat kedua, Pedrosa.

"Di Brno terdapat sangat banyak belokan dan banyak tikungan ke kanan, maka hal itu akan memberatkan pergelangan kakiku, dan itu akan sangat sulit."

"Saya akan beristirahat sebanyak mungkin pada pekan ini, dan menunggu untuk melihat apa yang saya rasakan ketika kami berada di trek pada Jumat," kata Stoner.

Pemimpin klasemen, Jorge Lorenzo, optimis perihal peluangnya pada balap Minggu meski terdapat tekanan dari Pedrosa.

"Setelah sangat sedikit beristirahat, kami kembali ke Eropa di Brno, trek yang benar-benar saya sukai, dan di mana saya mendapat kemenangan hebat pada 2010 dalam perjalanan saya meraih gelar," kata pebalap Yamaha ini, yang finish di peringkat keempat di Brno tahun lalu, kepada www.motogp.com.

"Pilihan ban kami pada tahun lalu menyulitkan untuk bertarung demi podium, namun (saya) pikir tahun ini dengan (mesin) 1000 cc, kami tentu dapat bertarung di depan," kata pebalap Spanyol ini, yang telah mengumpulkan 225 poin dari 11 balap musim ini.

Mantan juara dunia, Lorenzo, unggul atas pebalap Honda, Pedrosa, sebanyak 18 poin pada Minggu lalu, dan ia akan menghadapi hadangan berat dari kompatriotnya itu di Sirkuit Brno, yang terletak sekitar 180 km arah Tenggara dari ibukota Ceko, Praha.

Pedrosa mengalami kecelakaan pada balap tahun lalu, namun ia berkata saat ini dirinya merasa lapar untuk meraih kemenangan kedua di "trek yang sangat lebar dan sangat cepat, dengan tikungan-tikungan kecepatan tinggi, di mana penting untuk memiliki grip yang bagus dan perasaan di baris depan."     

"Honda begitu kuat pada beberapa tahun terakhir, maka kami berharap melakukan penampilan yang bagus di balap ini."

"Persiapan motor dan perangkat elektronik dapat menjadi kunci, demikian pula cuaca, yang selalu hanya sedikit berubah di Republik Ceko. Kami perlu tetap fokus dan dengan opsi-opsi untuk meraih kemenangan pada setiap akhir pekan," ucapnya.

Sirkuit Brno dinamai dengan nama Tomas Garrigue Masaryk, presiden pertama Cekoslovakia, yang dibuka pada 1987, untuk menggantikan sirkuit lama yang terletak tidak jauh dari sana, karena sirkuit lama telah begitu membahayakan para pebalap.
(H-RF)