Presiden Yudhoyono bertemu Presiden Mongolia

id presiden

Presiden Yudhoyono bertemu Presiden Mongolia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Foto antaranews.com)

Ulan Bator, Mongolia, (ANTARA Jogja) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diterima Presiden Mongolia Tsakhia Elbergdorj dalam sebuah upacara penerimaan kenegaraan di Lapangan Sukhbataar yang berdampingan dengan kompleks Istana Presiden Mongolia di Ibu Kota Ulan Bator, Kamis pagi.

Presiden Yudhoyono didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono tiba di lapangan tersebut dan disambut oleh Presiden Mongolia beserta Ibu Negara Mongolia.

Kepala Negara didampingi Presiden Tsakhia Elbergdorj menerima penghormatan dari jajaran pasukan kehormatan dan juga didampingi oleh pasukan berkuda.

Kedua pasukan itu mengenakan pakaian prajurit khas Mongolia.  Lapangan Sukhbataar merupakan pusat kota Ulan Bator, dihiasi oleh patung Genghis Khaan dan juga Kubilai Khan yang dijaga oleh dua patung prajurit berkuda di sisi kiri dan kanan pilar.

Kepala Negara kemudian diterima Presiden Elbergdorj di State House dan melakukan pembicaraan empat mata yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi dari kedua negara.  
     Selanjutnya Presiden Yudhoyono dan Presiden Elbergdorj akan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman sejumlah kerja sama antara kedua negara.

Masih di tempat yang sama, kedua kepala negara juga akan melakukan pertemuan dengan kalangan civil society Mongolia.

Presiden juga akan bertemu dengan Ketua Parlemen Mongolia Z Enkhbold dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan PM Althankhuyag.

Pada sore hari waktu setempat, Presiden akan melakukan pertemuan dengan kalangan pebisnis di Mongolia untuk bertukar pikiran dan menyampaikan peluang kerja sama ekonomi baik bagi pengusaha Mongolia maupun mendengarkan informasi peluang bisnis di Mongolia yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah serta pengusaha Indonesia.

Kamis malam, bertempat di Khan Uul Palace atau Istana Presiden Mongolia, Presiden Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono akan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Presiden Elbergdorj.

Presiden Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono tiba di Bandara Chenggis Khan pada Selasa (5/9) untuk kunjungan kerja hingga Kamis (7/9) sebelum melanjutkan perjalanan ke Vlaldivostok Rusia untuk menghadiri KTT APEC.

Sejumlah pejabat yang ikut dalam rombongan Presiden antara lain Menperin MS Hidayat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari serta anggota DPR  Roy Suryo.  
(P008*R018)