Gus Ipul dan budaya unggul

id gus ipul dan budaya unggul

Gus Ipul dan budaya unggul

Saifullah Yusuf (Foto antaranews.com)

Surabaya (ANTARA Jogja) - Hari terakhir Program Pengenalan dan Kebersamaan Mahasiswa Baru di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya, terasa lain.

Hal itu terasa karena kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru di lobi lantai 1 FIB Unair, Kamis.

"Miliki budaya unggul. Dimana pun bangsa sukses itu kalau generasi mudanya memiliki karakter yang bagus, punya budaya unggul," kata Gus Ipul seperti layaknya motivator ulung.

Gus Ipul merinci "budaya unggul" yang dimaksud. Pertama adalah perbanyak bersyukur dan berdoa, sehingga hati menjadi lebih luas, dan lebih tenang.

Kedua adalah berpikir positif dan berpikir serba mungkin. "Budaya unggul itu harus punya pemikiran untuk bisa memanfaatkan segala sesuatu di sekitar kita," katanya.

Dengan berpikir positif, kata aktivis pemuda yang pernah menjabat Ketua Umum PP GP Ansor itu, maka hal yang dulunya mustahil menjadi serba mungkin untuk terwujud.

"Dulu, saya juga tidak membayangkan bisa menjadi menteri dan kini malah jadi wakil gubernur. Intinya tanamkan berpikir positif agar segalanya menjadi mungkin," tegasnya.

Ketiga, pengembangan karakter. "Karakter yang baik adalah gabungan dari tanggung jawab, integritas, optimisme, dan suka berkompetisi," paparnya di hadapan 575 mahasiswa baru FIB Unair.

Terakhir, kuncinya adalah konsisten dan pantang menyerah. "Camkan, jangan ada jiwa menyerah dalam diri Anda," ujar keponakan almarhum tokoh NU Gus Dur itu, didampingi Dekan FIB Unair Aribowo MS.

Sebelumnya, FIB juga mendatangkan beberapa tokoh penting untuk memotivasi mahasiswa baru, di antaranya budayawan Emha Ainun Nadjib, Gubernur Jatim Soekarwo, dan mantan Wakil Wali Kota Surabaya Arif Afandi.

(E011)