Panglima pastikan sembilan kepala negara hadiri BDF

id panglima pastikan sembilan kepala negara

Panglima pastikan sembilan kepala negara hadiri BDF

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono (Foto antaranews.com)

Nusa Dua (ANTARA Jogja) - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono memastikan, sembilan kepala negara dijadwalkan menghadiri forum kerja sama politik dan demokrasi tahunan "Bali Democracy Forum" (BDF) V yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, Kamis 8 November 2012.

"Yang sudah pasti ada delapan kepala negara ditambah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehinga menjadi sembilan kepala negara," kata Laksamana TNI Agus Suhartono ketika mengecek kesiapan pengamanan BDF V di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Sebelumnya, 12 kepala negara akan menghadiri BDF V. Namun tiga di antaranya membatalkan kehadirannya di Pulau Dewata.

"Kemungkinan masih ada permasalahan di negaranya sehingga beberapa di antaranya membatalkan kehadirannya di Bali," ujar Agus Suhartono.

Meskipun demikian Panglima TNI tidak menyebutkan kepala negara apa saja yang membatalkan kehadiran di forum demokrasi dunia itu.

Laksamana TNI Agus Suhartono juga memastikan bahwa, dari sembilan kepala negara itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Presiden Agfanistan Hamid Karzai akan hadir pada tahun kelima BDF.

Menurut dia, semua kepala negara yang termasuk "Very Very Important Person" (VVIP) merupakan tanggung jawab keseluruhan aparat keamanan Indonesia.

Meskipun demikian, semua kepala negara dan pemerintahan juga akan membawa pasukan pengamanan sendiri dari negara setempat.

Sementara itu, terkait pembatasan senjata untuk pengamanan kepala negara yang dibawa pasukan pengamanan negara lain, menurut Agus Suhartono, hal tersebut sudah dikoordinasikan.

"Pembatasan senjata yang dibawa sudah dikoordinasikan, itu sudah ditata berapa yang boleh dibawa dan berapa yang tidak. Apabila kelebihan membawa senjata, maka kelebihan itu akan disimpan," katanya.
   
(PSO-330)