Samosir dipastikan jadi tuan rumah PDT 2013

id samosir dipastikan pdt

Samosir dipastikan jadi tuan rumah PDT 2013

Seorang nelayan menangkap ikan di perairan Danau Toba, di Kecamatan Ajibata, Kabupetan Toba Samosir, Sumut, (Foto ANTARA)

Pangururan, Sumut (ANTARA Jogja) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dipastikan menjadi tuan rumah Pesta Danau Toba (PDT) 2013, dalam mengisi agenda kepariwisataan nasional, sebagai aset bangsa yang perlu dilestarikan keberadaannya
 
"Dipercayakan menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan pesta rakyat pada PDT 2013 merupakan kehormatan bagi Kabupaten Samosir, sekaligus mendukung pengembangan industri pariwisata," kata Bupati Samosir, Mangindar Simbolon di Pangururan, Minggu.

Dikatakannya, Plt. Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, telah menegaskan hal tersebut pada saat berlangsungnya peresmian pembukaan PDT 2012, di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Jumat (2812).

Menurut dia, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Samosir cukup ideal untuk dipilih sebagai penyelenggara pesta budaya, mengingat keindahan panorama alam pada daerah yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara tersebut sangat berpeluang dalam pengembangan ekonomi dari sektor pariwisata..

Samosir merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang bervisi pariwisata sebagai sektor ekonomi, dan hal tersebut sesuai visi Kabupaten Samosir dalam menjadikan daerah tujuan wisata lingkungan yang inovatif tahun 2015.

Apalagi, kata dia, dengan dijadikannya Taman bumi atau Geopark Danau Toba sebagai ikon pariwisata, sebab warisan geologi itu merupakan keunggulan tujuan wisata minat khusus perpaduan potensi alam dengan kekayaan budaya.

Mangindar menyebutkan, potensi etalase Danau Toba sebagai danau vulkanik terluas di Asia Tenggara itu akan menjadi ikon pariwisata taman bumi yang cukup menarik, karena keindahan panoramanya dilengkapi kekayaan adat budaya serta dianggap asal leluhur suku Batak.

"Danau yang terbentuk dari letusan sangat dahsyat Gunung Toba sekitar 75.000 tahun lalu itu merupakan warisan geologi dunia yang memiliki potensi pariwisata cukup besar," ujarnya.

Sebelumnya, pada peresmian pembukaan PDT di Parapat, Plt Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho menegaskan, Samosir akan menjadi tuan rumah PDT 2013 dan pendanaannya sudah ditampung dalam APBD Porvinsi Sumatera Utara 2013.  

Gatot berharap, agar pelaksanaan PDT mendatang bisa dijadikan sebagai momentum kebangkitan sektor pariwisata Sumatera Utara sehingga perlu dikemas lebih baik serta dikelola secara professional melalui promosi yang maksimal.

"Penyelenggaraan PDT 2013 disarankan pada pertengahan tahun antara bulan Juni atau Juli, saat libur panjang sekolah," katanya.
(T.pso-219)