MEPC tawarkan kerja sama pendidikan

id wali kota yogya

MEPC tawarkan kerja sama pendidikan

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (walikota.jogjakota.go.id)

 Jogja (Antara Jogja) - Malaysia Education Promotion Centre menawarkan peningkatan kerja sama di bidang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan tinggi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Tawaran kerja sama tersebut baru saja datang. Kami pasti akan mempelajari dan menjajakinya lebih lanjut," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai menerima rombongan dari Malaysia Education Promotion Centre (MEPC) di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, tawaran peningkatan kerja sama di bidang pendidikan tersebut akan berbentuk penyediaan informasi dari MEPC mengenai perguruan-perguruan tinggi berkualitas yang ada di Malaysia.

Dengan adanya informasi tersebut, lanjut dia, calon mahasiswa bisa memperoleh informasi yang benar sehingga bisa menentukan universitas terbaik untuk melanjutkan jenjang pendidikan selepas sekolah menengah umum atau sederajat.

"Dengan adanya kerja sama ini, calon mahasiswa bisa memilih universitas dengan standar kualifikasi yang baik," katanya.

Selain meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, melalui kerja sama antara Malaysia dan Yogyakarta tersebut juga diharapkan adanya pertukaran budaya sehingga setiap bangsa serumpun bisa meningkatkan rasa saling menghargai

Perguruan-perguruan tinggi di Malaysia menjadi salah satu universitas pilihan siswa dari Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 12.000 hingga 13.000 mahasiswa asal Indonesia yang kini menuntut ilmu di Malaysia.

Meskipun demikian, tidak sedikit mahasiswa Malaysia yang belajar di Indonesia khususnya di Yogyakarta dengan memilih program studi di bidang kedokteran.

Di dalam rombongan MEPC yang melakukan kunjungan ke Balai Kota Yogyakarta tersebut, setidaknya ada tujuh perwakilan universitas terkemuka di Malaysia seperti Universiti Utara Malaysia.

(E013)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024