Marie Elka lepas peserta etape satu TdS

id marie elka lepas peserta

Marie Elka lepas peserta etape satu TdS

Ilustrasi Tour de Singkarak (Foto antaranews.com)

Bukittinggi (Antara Jogja) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Marie Elka Pangestu di Monumen Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat, melepas para pebalap sepeda di etape pertama Tour de Singkarak (TdS) 2013, Minggu.

Sedikitnya 140 pebalap dari 21 tim baik dalam dan luar negeri bertarung dalam TdS yang termasuk kalender kegiatan Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI).

Dari 21 tim, 15 di antaranya adalah tim asing, sedangkan sisanya tim dalam negeri.

"Ramainya masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan ini bisa diterima baik secara sport maupun pariwisata serta perbaikan ekonomi masyarakat," kata Menparekraf Marie Elka Pangestu di sela-sela pembukaan TdS.

Dengan TdS, kata dia, tingkat kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing ke Sumatera Barat meningkat. Hal ini menjadikan salah satu tujuan kegiatan ini biasa tercapai.

Acara pembukaan TdS 2013 selain dihadiri Menparekraf Marie Elka Pangestu juga dihadiri Wamenparekraf Sapta Nirwandar, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitmo serta jajaran pemerintahan lainnya.

Sementara itu, pebalap Timnas Indonesia, Fatahillah Abdullah mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi etape pertama ini meski dirinya belum mengetahui dengan pasti karakter lintasan yang akan dilalui.

"Kita coba aja. Katanya lintasannya banyak turunan. Yang jelas kami akan berusaha semaksimal mungkin," katanya sebelum "start".

Pada etape pertama TdS dari Bukittinggi menuju Bonjol sejauh 104 kilometer semua pebalap dari 21 akan akan dihadapkan dengan lintasan variatif namun didominasi dengan turunan. Meski demikian dietape ini ada dua titik KOM dan dua titik "sprint".

Untuk tim KOM terdapat pada km 34,5 tepatnya Nagari Nan Tujuh dan km 69,5 tepatnya di Muaro Banguang. Sedangkan titik "sprint" berada di km 62 tepatnya di Bonjol dan di km 80,3 tepatnya di Lubuk Sikaping.

Kejuaraan internasional ini selain fokus pada prestasi juga berfungsi mengenalkan pariwisatan di Sumatra Barat. Khusus etape pertama tempat wisata yang menjadi andalan adalah Monumen Jam Gadang, Ngarai Sianok, Lubang Jepang, Musium Tuanku Imam Bonjol, Air Panas Rimbo Ati hingga tugu equator.

TdS 2013 berjarak total 1.058,5 kilometer yang terbagi atas tujuh etape. Ada 17 kabupaten/kota di Sumatera Barat yang akan dilalui pebalap dari "start" di Bukittinggi hingga "finish" di Kota Padang, Minggu (9/6).

(B016)


 

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024