Adele masuk daftar penerima kehormatan HUT Ratu Elizabeth

id adele bintang bean

Adele masuk daftar penerima kehormatan HUT Ratu Elizabeth

Penyanyi Inggris Adele Adkins (REUTERS/Mike Blake) (antaranews.com)

London (Antara/Reuters Jogja) - Pemenang Grammy award, Adele dan pemeran Mr.Bean, aktor Rowan Atkinson termasuk di antara seribu orang lebih yang diakui oleh Ratu Elizabeth masuk dalam daftar penerima penghargaan ulang tahun Ratu Elizabeth pada Jumat.  

Menandai hari jadi Ratu Elizabeth ke 87 tahun, sebanyak 1.800 orang akan mendapat penghargaan yaitu mereka yang berasal dari berbagai profesi mulai dari peternak lebah, pembuat wiski, diplomat, artis dan pengusaha.

Adele, perempuan kelahiran London 25 tahun lalu akan menerima penghargaan MBE (Member of the Most Excellent Order) atas jasanya di bidang musik.

Sebagai salah satu artis Inggris yang albumnya terjual laris, Adele memenangkan banyak penghargaan internasional untuk lagu-lagunya yaitu "Rolling in the deep", "Someone Like You" dan "Skyfall" lagu untuk film James Bond.

Pelawak Rowan Atkinson yang dikenal memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia atas perannya sebagai Mr.Bean yang ceroboh, mendapat penghargaan CBE (Commander of the Order) dari kerajaan Inggris.

Suatu gelar ksatria akan diberikan kepada aktor Tony Robinson, yang lama berperan sebagai pembantu Atkinson, Baldrick dalam serial komedi BBC yang terkenal dalam sejarah Inggris "Blackadder".

 "Banyak yang mungkin berpikir bahwa Blackadder --sosok Atkinson yang pengganggu -- akhirnya harus memperlakukan Baldrick dengan lebih hormat," ujar Bob Kerslake, kepala layanan masyarakat Inggris dalam jumpa pers.

Selain para selebritas, nama-nama penerima penghargaan meliputi ratusan orang yang bekerja di bidang pendidikan, rumah sakit dan lembaga amal juga akan mendapat penghormatan.

Penerima kehormatan itu akan langsung mendapatkannya dari Ratu Elizabeth dalam upacara-upacara di Istana Buckingham yang akan dilaksanakan selama beberapa bulan mendatang, Kerslake menambahkan.

Penghargaan kepada seniman lainnya adalah pada pemahat Anish Kapoor yang menciptkan menara Orbit di kawasan Olimpiade London. Ia akan mendapat penghargaan Ksatria.

Penghargaan CBS juga diberikan kepada seniman Grayson Perry, aktris Claire Bloom dan Julian Glover, seorang aktor yang banyak berperan sebagai penjahat termasuk dalam serial Bond "For Your Eyes Only".

Dalam bidang bisnis penghargaan diberikan kepada  Richard Olver, kepala perusahaan pertahanan BAE System, Charlie Mayfield kepala jaringan toko serba ada John Lewis dan Brendan Barber, mantan kepala Kongres Serikat Buruh yang akan mendapat gelar "Sir".

Diplomat John Baugh yang menjadi duta besar Inggris pertama untuk Somalia selama 20 tahun akan mendapat penghargaan demikian pula dubes Inggris untuk Aljazair, Martyn Roper atas jasanya menangani krisis penyanderaan di pabrik gas In Amenas pada Januari.

penerjemah:  M. Dian A