Peserta Sail Komodo dihantam angin kencang

id sail komoodo kupang

Peserta Sail Komodo dihantam angin kencang

Logo sail Komodo 2013 (antaranews.com)

Kupang (Antara Jogja) - Peserta Sail Komodo 2013 yang sedang dalam pelayaran dari Australia ke Kota Kupang Nusa Tenggara Timur sebagai titik star (flag off) pelaksanaan Sail di provinsi kepulauan itu, dihantam angin kencang.

"Hantaman angin kencang itulah yang telah menyebabkan sejumlah kapal layar (yacht) yang digunakan para sailor terlambat masuk ke Pantai Kupang hari ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Otniel Pello di Kupang, Senin.

Menurut dia, sesuai agenda yang ada, seharusnya para peserta sudah berada di Pantai Kupang di Kota Kupang Senin (29/7) pagi dan akan langsung dilakukan sejumlah kegiatan di ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

"Namun karena kendala cuaca berupa angin kencang, makanya baru satu kapal yang tiba di pantai Kupang ini," katanya.

Dia mengatakan, setelah para peserta sail tiba di Kupang, ada sejumlah hal yang akan dilakukan, diantaranya pemeriksaan sejumlah dokumen untuk setiap peserta yang ada di setiap kapal, termasuk di antaranya pemeriksaan kesehatan para peserta.

Dia mengatakan, kendati sudah harus berada di Kupang, dalam rentang waktu Senin (29/7) hingga Kamis (1/8) mendatang, namun para peserta Sail masih harus berada di Kupang untuk menanti jadwal 'flag off' yang akan dilakukan oleh wakil Presiden RI Boediono pada 4 Agustus mendatang.

Menurut data yang diperoleh, lanjut Otniel ada 160 kapal layar yang terlibat dalam pelaksanaan Sail Komodo 2013 dari 20 negara kepesertaan.

"Setiap kapal akan melibatkan lima orang sehingga wisatawan yang akan terlibat dan datang ke NTT berjumlah 800 orang wisatawan," kata Otniel.

Dia mengatakan, selaku tuan rumah dan pelaksanan titik star Sail Komodo, Pemerintah Kota Kupang telah menyediakan sejumlah acara dan kegiatan untuk mengisi waktu hingga pelaksanaan 'flag off' mendatang.

Sejumlah kegiatan itu di antaranya, pelaksanakan jamuan makan malam bersama, vestifal budaya yang melibatkan sejumlah tarian khas budaya NTT, pameran pangan lokal serta kerajinan dan hasil karya warga yang bernilai seni klasik.

Ketua Panitia Daerah Sail Komodo 2013 Fransiskus Salem terpisah mengatakan, dari Kalabahi diperoleh informasi, sebanyakl 30 Kapal Layar peserta Sail Komodo dari Philipina telah tiba di perairan Alor Nusa Tenggara Timur.

Dia menuturkan, ke-30 kapal layar itu tidak ikut pelepasan di Kupang namun akan menunggu di Alor. ¿Dari Philipina 30 kapal itu langsung ke Alor. Mereka mungkin menunggu setelah acara pelepasan tanggal 4  Agustus 2013 dan akan bergabung dengan peserta lain,"  ujarnya.

Dia menambahkan, lebih dari 160 kapal layar yang menjadi peserta Sail Komodo berasal dari 20  negara. Peserta terbanyak dari Darwin Australia, 86 kapal layar menyusul Portugal dengan 60  kapal layar, 30 Kapal dari Philipina dan 15 kapal dari Timor Leste.Suyanto
(KR-YHS)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar