Kenya dominasi Jakarta International 10K 2014

id lari

Kenya dominasi Jakarta International 10K 2014

ilustrasi (antarafoto.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Para pelari asal Kenya mendominasi perlombaan lari Jakarta International 10K 2014 di Jakarta, Minggu.

Pada kategori elit internasional putra, Silas Kipruto asal Kenya  menjadi juara pertama dengan catatan waktu 28 menit 52 detik.

Posisi kedua dan ketiga juga ditempati pelari lain asal Kenya yakni Titus Kwemoi Masai dan Charles Wachiramaina dengan perolehan waktu masing-masing 29 menit 1 detik dan 29 menit 12 detik.

Sementara pelari asal Jerman Frank Andre menempati urutan keempat dan Nakatani Keisuke dari Jepang menduduki peringkat kelima.

Tak hanya di kategori elit internasional putra, para atlet Kenya pun mendominasi kategori elit internasional putri. Mereka menyabet peringkat satu hingga empat.

Juara pertama diraih oleh Esther Chemtai Ndiema dengan perolehan waktu 32 menit 28 detik. Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Sharon Jemutai Cherop dan Violah Jepchumba dengan catatan waktu masing-masing 32 menit 41 detik dan 32 menit 46 detik.

Sementara Maryanne Wangari Wanjiru menduduki posisi empat. Dan urutan kelima diraih oleh Zakia Mohammed yang merupakan pelari asal Tanzania.

Mengenai banyaknya pelari asal Kenya yang berprestasi dalam perlombaan lari, Silas Kipruto menjelaskan bahwa di Kenya, lari merupakan olahraga favorit sehingga tak mengherankan banyak atlet Kenya yang menjuarai perlombaan lari.

"Lari memang menjadi olahraga favorit di Kenya," kata Silas.

Sementara Esther yang menjadi juara pertama kategori internasional putri, mengatakan pihaknya berlatih sangat keras dalam persiapan bagi ajang ini.

"Saya berlatih keras. Saat datang ke Jakarta, niat saya bukan untuk menang tapi untuk berlari secepat mungkin," ujar Esther.

Jakarta International 10K 2014 mengambil tempat start dan finish di Silang Monas Barat Daya, Jakarta. Rute lomba melintasi Jalan MH Thamrin dan Jalan Jend. Sudirman sepanjang 10 kilometer dengan titik putar di Semanggi.

Lomba lari internasional itu diikuti oleh 35.000 peserta yang memperebutkan total hadiah senilai Rp900 juta. Kategori peserta dibagi menjadi empat yakni atlet elit internasional, atlet elit nasional, pelajar dan umum.

A064


Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024