Hayom ke perempat final Vietnam GP Open

id hayom ke perempat final

Hayom ke perempat final Vietnam GP Open

Dionysius Hayom Rumbaka (Foto antaranews.com)

Semarang (Antara Jogja) - Tunggal putra Indonesia asal Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka berhasil melangkah ke babak perempat final kejuaraan bulu tangkis Yonex Sunrise Vietnam GP Open setelah mengalahkan rekannya Fikri Ihsandi Hadmadi di babak ketiga.

Pada babak delapan besar yang dimainkan Jumat (5/9), Hayom Rumbaka yang menempati unggulan pertama pada kejuaraan tersebut akan menghadapi unggulan kedelapan dari Malaysia Mohamad Arif Abdul Latif.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jateng, Kamis, menyatakan optimistis bahwa Hayom masih bisa mengatasi pemain Malaysia untuk melangkah ke babak semifinal.

"Hayom masih lebih bagus dari dia (Mohamad Arif Abdul Latif, red.) dan bisa melangkah ke babak semifinal," katanya.

Skor sementara pertemuan Hayom Rumbaka yang kini menempati peringkat 25 dunia melawan Mohamad Arif Abdul Latif yang menempati peringkat 61 dunia adalah 1-0 untuk keunggulan Hayom. Satu-satunya kemenangan Hayom diraih saat tampil pada Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 (21-10, 8-21, 22-20).

Pada babak ketiga kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 50 ribu dolar Amerika Serikat tersebut (Vietnam Open 2014), Hayom mengalahkan Fikri Ihsandi Hadmadi dengan dua game langsung 21-12, 21-19, sedangkan Mohamad Arif Abdul Latif mengalahkan unggulan ke-15 dari India Ajay Jayaram 22-20, 21-16.

Jika mampu melewati pemain Malaysia tersebut, pada babak semifinal Hayom Rumbaka kemungkinan bakal menghadapi lawan berat, yaitu pemain tuan rumah Nguyen Tien Minh yang menempati unggulan ketiga dengan catatan pemain Vietnam itu mampu mengatasi unggulan keenam dari Hong Kong Ng Ka Long pada babak perempat final.

Pada nomor tunggal putra, Indonesia dipastikan menambah satu wakil lagi pada babak perempat final karena dua pemain Indonesia Andre Kurniawan Tedjono yang menempati unggulan kesembilan akan menghadapi juniornya Riyanto Subagja pada babak ketiga.

Pada nomor tunggal putri, pemain Indonesia asal Djarum Kudus Maria Febe Kusumastuti yang menempati unggulan ketiga pada kejuaraan itu, juga melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pemain Hong Kong Cheung Ngan Yi dengan dua game langsung 21-14, 21-12.

Pada babak kedua, Maria Febe akan bertemu tunggal putri Malaysia Lim Chiew Sien yang sebelumnya mengalahkan Rusydina Antardayu Riodingin dengan dua game langsung 21-18, 21-17.

"Saya kira masih bisa bagi Febe untuk mengalahkan pemain Malaysia tersebut. Setelah terkena degradasi dari pelatnas Cipayung seperti halnya Hayom Rumbaka dan berlatih di klub tentunya harus memiliki motivasi untuk bangkit," kata Yoppy Rosimin.

Tunggal putri Indonesia lainnya, Adrianti Firdasari yang menempati unggulan keempat, juga melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pemain tuan rumah Pham Nhu Thao dua game langsung 21-11, 21-16.

Pada babak kedua, Adrianti akan menghadapi pemain Thailand Chochuwong Pompawee yang sebelumnya mengalahkan pemain Indonesia lainnya, Hana Ramadhini, dengan 21-15, 23-21.
    
Pemain Djarum Kudus Febby Angguni gagal meneruskan langkahnya karena dihentikan unggulan kedua dari Taiwan Pai Yu Po dengan dua game langsung 10-21, 6-21.

(H015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024