Sultan membuka Porda XIII 2015

id Sultan membuka Porda XIII 2015

Sultan membuka Porda XIII 2015

Sri Sultan HB X (Foto antaranews.com)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X membuka Pekan Olahraga Daerah XIII 2015 di Kabupaten Kulon Progo, 19 hingga 26 Oktober 2015.

Sri Sultan di Kulon Progo, Senin, mengatakan dalam tubuh yang sehat, bersemayam jiwa yang kuat yang relevan dengan tuntutan peningkatan harkat, martabat, dan kehormatan bangsa yang ditunjukkan dengan trilogi kemajuan "ekonomi, hamkam dan olahraga".

"Hal ini mengindikasikan bahwa nilai-nilai kebangsaan juga ditandai dengan prestasi keolahragaan yang prestisius-unggul dan patut dibanggakan," kata Sultan dalam acara pembukaan Porda XIII 2015.

Ia mengatakan Indonesia menempuh kebijakan pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dengan sistem piramida melalui piramida berjenjang yakni pemassalan, pembibitan dan peningkatan prestasi secara berkesinambungan.

Menurut Sultan, setiap cabang olahraga, pencapaian prestasi merupakan tujuan utama setiap klub dan atlet. Pencapaiannya merupakan puncak dari segala proses pembinaan, program pemassalan dan pembibitan.

"Pembinaan atlet yang berkesinambungan dan teratur lewat uji coba, serta didukung sarana dan prasarana memadai, diharapkan atlet Indonesia bisa berbicara pada event-event olahraga tingkat internasional," katanya.

Namun demikian, Sultan mengakui banyak persoalan dalam mengembangkan olahraga yakni bagaimana olahraga dapat dijadikan wahana dalam membangun bangsa yang sehat dan kuat jasmani dan rohani.

"Bertolak dari kendala tersebut, menunjukan bahwa sistem pembangunan olahraga kurang ada harmonisasi dan kesinambungan, baik secara horisontal dan vertikal," katanya.

Pada pembukaan Porda XIII 2015 dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan dan atraksi, mulai dari pertunjukan Sugriwo-Subali, tari-tarian dan 1.000 oglek.

Ribuan atlet dari empat kabupaten dan satu kota di DIY mengikuti pawai di seputaran Alun-alun Wates.



(U.KR-STR)