BPBD Yogyakarta lanjutkan program distribusi apar sekolah

id alat pemadam api

BPBD Yogyakarta lanjutkan program distribusi apar sekolah

ilustrasi (Foto ANTARA/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta melanjutkan program distribusi alat pemadam api ringan ke sekolah-sekolah pada tahun ini untuk melengkapi fasilitas penanggulangan kebakaran di institusi pendidikan.

"Kami baru bisa memenuhi 300 tabung alat pemadam api ringan (APAR) pada tahun lalu. Padahal, permintaan dari sekolah mencapai lebih dari 500 unit," Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Budi Purwono di Yogyakarta, Kamis.

Oleh karena itu, lanjut Budi, guna memenuhi seluruh permintaan dari sekolah, maka BPBD Kota Yogyakarta kembali menganggarkan dana untuk pengadaan APAR pada tahun ini.

Total dana yang dianggarkan untuk pengadaan 300 unit APAR pada tahun ini mencapai Rp372 juta. Proses lelang sudah berjalan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Yogyakarta. Lelang dijawalkan selesai pada akhir April.

"Jumlahnya memang lebih banyak dari permintaan karena APAR yang tersisa akan dijadikan sebagai cadangan. Jika sewaktu-waktu ada tambahan permintaan, maka bisa segera dipenuhi," katanya.

APAR hasil pengadaan pada tahun ini, lanjut Budi, akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan sekolah dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga SMP. "Kami tidak memenuhi kebutuhan SMA/SMK karena jenjang tersebut sudah akan diambil alih oleh DIY," katanya.

Sedangkan mengenai distribusi APAR per sekolah diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. "Di sekolah mana saja dan berapa jumlah APAR yang akan dibagikan ke sekolah-sekolah, sepenuhnya diserahkan ke Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Agus Winarto mengatakan, pemenuhan APAR di sekolah tidak hanya ditujukan sebagai upaya penanganan dini kebakaran di sekolah.

"Pemenuhan APAR juga menjadi bagian dari penilaian akreditasi. Sebelum diberikan, sekolah juga memperoleh pelatihan mengenai cara penggunaan dan perawatannya," katanya.

Agus berharap, dengan adanya pengadaan APAR pada tahun ini, maka seluruh sekolah, khususnya sekolah negeri di Kota Yogyakarta sudah memiliki kelengkapan APAR. ***4***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024