Penyuluh diharapkan mampu dampingi petani hadapi MEA

id Penyuluh diharapkan mampu dampingi petani hadapi MEA

Penyuluh diharapkan mampu dampingi petani hadapi MEA

Petani padi di Bantul, DIY sedang panen (Foto ANTARA/Sidik)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian berharap para penyuluh pertanian mampu mendampingi petani menghadapi perdagangan bebas seiring dengan penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Momon Rusmono di Yogyakarta, Kamis malam, mengatakan untuk menumbuhkan kompetensi petani menghadapi MEA, para penyuluh diharapkan mampu mendukung Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu melalui Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan.

"Menghadapi tantangan MEA, mau tidak mau baik petani dan penyuluhnya harus memiliki kompetensi untuk berkompetisi," kata Momon dalam acara Konsolidasi Monitoring dan Evaluasi BPPSDMP Tahun 2016.

Berdasarkan hasil evaluasi selama 2016, Momon menilai kegiatan Pemberdayaan Petani Terpadu melalui Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan telah sesuai dengan target, bahkan lebih baik dari 2015 sehingga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi petani menghadapi MEA.

Ia mengatakan sesuai prioritas kegiatan yang ditekankan BPPSDMP selama 2016, di antaranya pendidikan tematik "on the job training" lembaga penyuluhan, pengawalan dan pendampingan penyuluh di sentra produksi pangan, dan pendampingan kegiatan di sentra pangan bagi mahasiswa.

"Keempat kegiatan prioritas itu telah sesuai target dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan pertanian," kata dia.

Sementara itu, meski ada pengurangan struktur anggaran untuk program BPPSDMP pada 2017, Momon berharap seluruh aktivitas penyuluhan tetap dilaksanakan secara optimal untuk mendukung program pembangunan pertanian nasional.

Sesuai program Nawa Cita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, menurut dia, kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan Pendidikan BPPSDMP wajib diarahkan untuk mendukung kedaulatan pangan.

"Meski struktur anggaran berkurang saya mengajak semua komponen penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan pertanian tetap semangat," kata dia.



(T.L007)