Bantul adakan kompetisi film pendek

id Film

Bantul adakan kompetisi film pendek

Ilustrasi film (Fotoantaranews.com)

Bantul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan kompetisi pembuatan film pendek untuk pemula sebagai upaya mengangkat potensi pada sektor pariwisata di daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Supriyanto di Bantul, Minggu, mengatakan sebelum lomba pembuatan film pendek dimulai telah diadakan workshop pada Sabtu (13/5) dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan praktisi film serta dinas terkait.

"Film pendek itu sebagai karya edukasi sehingga menjadi tontonan yang menarik untuk disimak, oleh sebab itu film pendek teRsebut perlu untuk dilombakan. Tema film pendek adalah objek wisata dan desa wisata," katanya.

Menurut dia, tema itu diambil karena Bantul punya berbagai destinasi dan desa wisata sehingga film pendek itu bisa sebagai wahana penyaluran ide, gagasan serta bakat melalui media visualisasi dengan alur cerita yang menggambarkan promosi wisata Bantul.

Supriyanto mengatakan, kreativitas bangsa dan masyarakat dalam memberikan kontribusi di bidang perfilman ini, nantinya dijadikan inisiatif Bantul guna mendapatkan ide-ide kreatif dan profesional kepada masyarakat umum.

"Diharapkan semua masyarakat yang mampu dalam bidangnya ikut berpartisipasi dalam lomba membuat film pendek nantinya, baik pelajar, cinemais maupun masyarakat umum," katanya.

Menurut dia, perkembangan teknologi media horizontal di era globalisasi saat ini tidak hanya menjadi sebuah peluang, namun juga ancaman nyata terhadap eksistensi bangsa Indonesia.

"Lomba pembuatan film pendek dengan menggunakan media telepon seluler ini dilaksanakan dalam rangka memberikan nilai positif di dunia teknologi," katanya.

Menurut dia, hasil kompetisi film pendek sekaligus penyerahan hadiah akan dilakukan pada saat final pada Rabu (17/5). Total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi ini senilai Rp50 juta.

(KR-HRI)