Sleman terus penuhi SPM pendidikan dasar

id SPM pendidikan dasar

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta terus berupaya memenuhi standar pelayanan minimal atau SPM di bidang pendidikan dasar sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang 23 Tahun 2014.

"Upaya tersebut melalui strategi penyusunan `Roadmap` pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) Pendidikan Dasar yang diawali dengan perumusan kebijakan bersama seluruh pemangku kepentingan bidang pendidikan," kata konsultan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Diana Triastuti saat pemaparan Roadmap SPM Pendidikan Dasar, Selasa.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sleman Sri Purnomo, Perwakilan Uni Eropa, Perwakilan The?Asian Development Bank (ADB) Sutarman Wiryono, Perwakilan Kemendikbud Nurma Devi Saleh, tim pengelola program PKP-SPM Diknas OMT, tim Advokasi dan Promosi, Wakil Ketua DPRD Sleman, Komisi D, Kepala? BKPP, Kepala BKAD dan Bappeda.

"Dengan hadirnya program PKP-SPM Dikdas di Kabupaten Sleman sejak Februari 2014 telah memberikan dampak yang sangat nyata antara lain? meningkatnya pemahaman dari para pemangku kepentingan dalam pemenuhan SPM Dikdas, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan," katanya.

Sedang di tingkat Satuan Pendidikan telah ada upaya pemenuhan indikator 15-27 oleh satuan pendidikan. Sejak 2014 telah dilaksanakan sensus/pendataan SPM Dikdas pada seluruh SD, MI, SMP dan MTs dengan dana APBD Murni.

"Disamping itu Kabupaten Sleman telah memiliki 20 orang Fasilitator Daerah sebagai `Resource Person` yang memiliki pemahaman yang sangat baik terkait SPM Dikdas untuk membantu proses sosialisasi, pelatihan, monev dan berbagai kegiatan dalam upaya pemenuhan SPM Dikdas," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, Roadmap Pemenuhan SPM tersebut sangat penting dan diharapkan dapat menjadi panduan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, khususnya untuk percepatan pemenuhan SPM Pendidikan Dasar di Kabupaten Sleman.

"Yang jelas Pemkab Sleman selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan bagi masyarakat Sleman? dengan upaya pemenuhan SPM yang sangat terukur," katanya.

Ia mengatakan, dengan ekspose tersebut diharapkan agar terbentuk pemahaman yang sama dalam memajukan sektor pendidikan, dan dengan pemahaman yang sama akan terbangun komitmen yang kuat seluruh pemangku kepentingan dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya untuk memprioritaskan pemenuhan SPM Dikdas.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan dokumen Roadmap oleh Bupati Sleman kepada perwakilan ADB dan Kemendikbud.

Bupati Sleman minta agar seluruh pemangku kepentingan untuk dapat menjadikan dokumen Roadmap pemenuhan SPM Pendidikan Dasar sebagai prioritas utama dalam perencanaan dan penganggaran di Kabupaten Sleman.

(U.V001)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2024