Pelni mengangkut pemudik gratis bareng 24 BUMN

id ferry

Pelni mengangkut pemudik gratis bareng 24 BUMN

Ilustrasi (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero dipercaya 24 BUMN untuk  memberangkatkan ribuan pemudik ke berbagai kota di seluruh pelosok Nusantara dalam rangka Mudik Gratis Bareng BUMN 2018.

        "Pelni siap memberangkatkan peserta Mudik Bareng BUMN bersamaan dengan program angkutan Lebaran 2018 mulai H-15 tanggal (31/5) hingga H+ 15 tanggal (1/7)," kata Corporate Secretary Pelni Ridwan Mandaliko di Jakarta, Senin.

        Menurut Ridwan, untuk program Mudik Bareng BUMN ini, Pelni mengerahkan sebanyak 26 kapal terdiri atas satu armada tipe 3.000 orang, 11 armada tipe  2.000 orang, sembilan armada tipe 1.000 orang,  tiga kapal tipe 500 orang, dan dua unit kapal Roro.

        Ia menjelaskan, selama bertahun-tahun, mudik gratis terfokus di Jawa dari ibu kota Jakarta  ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil ke luar Jawa. Namun tahun 2018 diperluas ke wilayah lainnya, terutama ke pelosok Nusantara, termasuk Indonesia Timur.

        "Mudik gratis dengan moda kapal laut lebih Indonesia, karena bukan hanya warga di Pulau Jawa yang bisa mudik gratis, namun warga di beberapa pulau di  Nusantara disediakan sarana transportasi untuk mudik gratis," lanjut Ridwan.

        Beberapa BUMN yang  menggunakan kapal Pelni untuk mudik gratis terdiri atas PT Jasa Raharja, PT Pertamina, PT Semen Indonesia, PT Pupuk Indonesia, PT Timah, PT Pelindo 1,  PT Pelindo 3, PT Brantas Abipraya, PT Jasindo, PT Jiwasraya, PT Jasa Marga,  PT Pegadaian, PT LEN, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), PT Reasuransi Indonesia Utama, PT RNI, Perum Jamkrindo, Perum Peruri, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, termasuk PT Pelni.

       Tarif kapal Pelni lebih murah dibanding tarif KA, bus maupun pesawat. Meskipun permintaan angkutan laut saat lebaran juga tinggi, tarif tidak naik karena tarif kapal Pelni ditentukan pemerintah. Pelni menjalankan penugasan pelayanan publik di laut.

        Pelni akan membantu sepenuhnya 24 BUMN penyelenggara mudik gratis untuk melayani warga dari berbagai kota yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. 
  Penumpang kapal Pelni mendapatkan fasilitas tempat tidur, mandi air hangat, asuransi, makan sahur atau buka puasa, hiburan live musik di salon kapal, ibadah dan aneka kegiatan produktif pemanfaatan waktu berlayar.

        Mudik gratis dengan kapal laut dapat dikemas menawan, tidak membosankan dan memberikan nilai tambah bagi pemudik dan BUMN penyelenggara.

        Secara keseluruhan, Kementerian BUMN menggelar sinergi BUMN untuk menyediakan 202.300 tiket dengan berbagai moda, kereta api, bus, kapal laut, yang didanai 75 BUMN.

        Pelaksanaan program Mudik BUMN Gratis 2018 akan digelar pada 9 Juni 2018 yang dipusatkan di Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024