Bupati canangkan bulan bakti gotong royong masyarakat

id gotong royong

Bupati canangkan bulan bakti gotong royong masyarakat

Ilustrasi gotong royong (antarafoto.com)

Sleman, (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mencanangkan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2018 di Kecamatan Mlati, Selasa.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong menuju pada penguatan integrasi sosial, pemeliharaan hasil-hasil pembangunan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab masyarakat," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Priyo Handoyo.

Menurut dia, dengan adanya penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kembali ciri khas bangsa Indonesia yaitu gotong royong.

"Gotong royong perlu digerakkan kembali aagar menjadi ciri khas dan perlu dilestarikan. Mudah-mudahan pada akhirnya bisa menciptakan masyarakat yang guyub, rukun, gotong royong," katanya.

Ia mengatakan, Sleman menjadikan kegiatan tersebut sebagai kegiatan yang mempunyai arti mendalam dalam penyelenggaraan setiap tahunnya.

"Diharapkan kegiatan tersebut dapat kemudian dilaksanakan di seluruh kecamatan, desa maupun dusun di wilayah Sleman sehingga mampu menumbuhkan kepedulian di masyarakat," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa kegiatan yang bertemakan "Kita daya gunakan peran lembaga kemasyarakatan Desa sebagai mintra Pemerintah Desa" ini merupakan momen bagi semua masyarakat untuk lebih mengintensifkan kegotongroyongan dalam melaksanakan pembangunan daerah.

"Pembangunan sarana dan prasarana umum bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi juga membutuhkan inisiatif dan dukungan dari selurug warga masyarakat. Penyelenggaraan pembangunan itu akan berhasil tatkala pembangunan didukung penuh oleh masyarakat ditingkat dusun, desa, kecamatan, bersama-sama melaksanakan," katanya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sleman berkesempatan memberikan sejumlah hadiah kepada para pemenang lomba Desa Unggulan dan memberikan bantuan Hibah Daerah secara simbolis kepada 17 LPMD se-Kabupaten Sleman dengan total lebih dari Rp1 miliar.

Kegiatan tersebut diawali dengan peninjauan Bupati Sleman beserta Kepala Dinas PMD dan Jajaran kepala desa di Kecamatan Mlati ke Dusun Karanglo dengan meresmikan pembuatan jalan conblock dan meresmikan bank sampah serta meninjau bangunan tempat perikanan yang berada di pinggir sungai.

Kemudian, tinjauan dilanjutan ke tempat kedua yaitu Padukuhan Sanggrahan, Desa Tlogoadi dengan kegiatan peresmian Corblock jalan secara langsung oleh Bupati Sleman. Tinjauan berlanjut ke wilayah lainnya yaitu Padukuhan Jumeneng Kidul Desa Sumberadi.

Dalam kunjungan ke Padukuhan Jumeneng Kidul tersbut, Bupati Sleman melakukan peletakan batu pertama yang dilanjutkan peninjauan kerja bhakti masyarakat dan kegiatan bedah rumah.

Kegiatan tinjauan tersebut diakhiri di Aula Kantor Kecamatan sekaligus pencanangan secara simbolik dengan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Sleman.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman melakukan penanaman pohon kepel di depan Gedung Program Keluarga Berencana Kecamatan Mlati yang dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran potensi yang berada di halaman kantor Kecamatan Mlati.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024