Yogyakarta akan tambah dua ATCS

id CCTV

Ilustrasi CCTV (Foto ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Kota Yogyakarta akan menambah dua fasilitas "area traffic control system" yang akan dipasang di lampu lalu lintas untuk membantu mengatur kelancaran arus lalu lintas.

"Kami akan pasang di simpang Jalan Ibu Ruswo dan simpang Jalan Taman Sari," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, kedua simpang jalan yang akan dilengkapi dengan fasilitas "area traffic control system" merupakan simpang yang cukup padat karena menjadi akses menuju tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi wisatawan yaitu kawasan Keraton Yogyakarta.

Khusus di Jalan Brigjen Katamso yang menjadi salah satu kaki simpang di Jalan Ibu Ruswo, Golkari mengatakan, tidak dapat memprediksi panjang antrean kendaraan.

Begitu pula dengan kawasan simpang di Jalan Taman Sari kerap mengalami kepadatan khususnya saat libur panjang sekolah, apalagi di kawasan tersebut dekat dengan Tempat Khusus Parkir Ngabean yang menjadi parkir utama bus pariwisata di Kota Yogyakarta.

Oleh karena itu, lanjut Golkari, ATCS yang akan dipasang di dua simpang tersebut juga akan dilengkapi dengan kamera "closed circuit television" (CCTV) untuk memantau panjang antrean kendaraan di kaki simpang.

"Jika antrean sudah dirasa cukup panjang, maka kami akan melakukan pengaturan pada durasi lampu lalu lintas di tiap simpang agar kendaraan bisa berjalan lancar," katanya.

Keberadaan ATCS di simpang memungkinkan petugas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dapat langsung melakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas melalui ruang kontrol yang ada di Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sehingga tidak perlu turun ke lapangan.

"Simpang belum akan dilengkapi fasilitas pengeras suara karena kami juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk membantu mengatur lalu lintas. Di dua lokasi tersebut juga tidak jauh dari pos polisi," katanya.

Dari 58 simpang yang ada di Kota Yogyakarta, sampai saat ini sudah ada 28 simpang yang dilengkapi dengan ATCS, di antaranya dari simpang Wirobrajan ke arah timur hingga simpang empat Jalan Kusumanegara.
 
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar