Pengungsi Merapi dipulangkan

id merapi meletus

Pengungsi Merapi dipulangkan

Warga lereng Merapi yang mengungsi. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/18.

Sleman (Antaranews Jogja) - Badan Peananggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, memulangkan puluhan warga lereng Gunung Merapi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan yang masih bertahan di barak pengungsian.

"Hari ini (Senin) kami akan memulangkan pengungsi di Balai Desa Glagaharjo ke rumah masing-masing," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan, Senin.

Menurut dia, hingga pagi ini masih ada 40 jiwa yang mengungsi yang terdiri satu balita, dua anak-anak, sembilan orang dewasa, dan a 28 lansia.

"Pemulangan pengungsi dilaksanakan pada Senin 28 Mei 2018, pukul 07.00 WIB dari Balai Desa Glagaharjo menuju Dusun Kalitengah Lor," katanya.

Ia mengatakan, warga yang mengungsi bersedia kembali ke daerah asal setelah mendapatkan pencerahan dari pakar Gunung Api Mbah Surono pada hari Minggu (27/5) pukul 14.30 WIB bahwa tempat tinggal mereka berada di luar daerah bahaya yang direkomendasi tiga kilometer.

"Beliau berpesan 'sing podo ngungsi oleh mulih, tur tetep sak wayah-wayah eling lan waspodo Merapi' (yang mengungsi boleh pulang, namun sewaktu-waktu selalu ingat dan waspada Merapi)," katanya.

Makwan mengatakan, untuk dukungan Posko Utama BPBD Sleman berupa kendaraan pengangkut tiga pikap, satu truk, dan satu ambulans.

"Permintaan warga Turgo, Kecamatan Pakem untuk sosialisasi letusan minor akan dilaksanakan pada Senin (28/5) pukul 20.00 WIB di Aula SD Sanjaya Tritis dengan pemateri utama BPPTKG yang didampingi BPBD Sleman," katanya.

Ia mengatakan, saat ini status aktivitas Gunung Merapi masih "waspada" atau level 2 dengan rekomendasi radius tiga km dari puncak Merapi dikosongkan dari aktivitas penduduk (mencari rumput dan aktivitas pendakian).

"Masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III diminta untuk meningkatan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," katanya.

Pantauan Aktivitas Gunung Merapi visual pada Senin pukul 06.00 WIB melalui pengamatan langsung maupun CCTV Cerah sedangkan pantauan seismik Merapi pada pukul 00.00 hingga 06.00 WIB landai.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024