Arus mudik di jalan Wates ramai lancar

id Mudik

Arus mudik di jalan Wates ramai lancar

Seorang petugas kepolisian memantau titik keramaian arus lalu lintas melalui CCTV. FOTO ANTARA

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Arus lalu lintas di Jalur Purworejo-Yogyakarta, khususnya di Jalan Wates yang berada di wilayah Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rabu (13/6) hingga Kamis pagi sehari menjelang Lebaran terpantau ramai lancar.

"Tadi pagi terjadi kepadatan arus lalu lintas dan saat ini secara umum ramai lancar," kata Petugas Pos Pengamanan (Pos PAM) Gamping, Inspektur Dua (Ipda) Sigid Daryanto di Sleman, Rabu malam.

Menurut Sigid, berdasarkan catatan Pos PAM yang berlokasi di depan Pasar Gamping kendaraan yang melintasi jalan nasional itu didominasi kendaraan pribadi dan bus dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, serta Cirebon, Jawa Barat.

Ia mengatakan tren kepadatan arus lalu lintas di ruas Jalur Purworejo-Yogyakarta tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada 2017 kepadatan arus lalu lintas sudah muncul mulai H-6 Lebaran, namun untuk tahun ini baru terlihat pada H-3 Lebaran.

Selain itu, berdasarkan pantauan sejak pagi, menurut dia, kendaraan angkutan barang sudah tidak terlihat memasuki kawasan itu.

Meski kepadatan arus lalu lintas sudah tampak, Sigid mengatakan kondisi keamanan hingga saat ini masih terkendali. Hingga saat ini petugas Pos PAM Gamping belum menemukan adanya kecelakaan di sepanjang jalur itu.

"Untuk situasi arus lalu lintas aman lancar terkendali dan kejadian laka lantas di wilayah Gamping sampai sekarang nihil," kata dia.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memasang sejumlah rambu lalu lintas portable di jalur-jalur mudik untuk membantu para pemudik menemukan jalur alternatif.

Dishub Sleman juga telah memetakan beberapa titik yang rawan terjadi kemacetan atau penumpukan antrean kendaraan. Titik-titik rawan kemacetan tersebut di antaranya di simpang empat Tempel di ruas Jalan Magelang, simpang tiga Bandara Adisutjipto di ruas Jalan Solo, simpang tiga Maguwoharjo, Depok dan Jalan Wates, Gamping.