JCH Yogyakarta dibagi dua kloter

id haji yogyakarta,dibagi dua kloter

JCH Yogyakarta dibagi dua kloter

Sebanyak 3.131 calon haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta, dok (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta dibagi dalam dua kelompok terbang (kloter) yaitu 23 dan  29 yang mulai diberangkatkan awal pekan depan melalui Embarkasi Solo.

"Kloter 23 berisi sepenuhnya dari JCH asal Kota Yogyakarta sebanyak 355 orang. Namun, Kloter 29 sebanyak 85 jamaah akan bergabung dengan JCH dari Kabupaten Kulon Progo," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Sigit Warsita di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, Kloter 23 akan diberangkatkan dari Kota Yogyakarta pada Senin (23/7) pagi sekitar pukul 06.00 dari Balai Kota Yogyakarta dan diharapkan sudah sampai ke Asrama Haji Donohudan pada pukul 08.00 WIB. 

JCH kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Selasa (24/7). 
Sedangkan, JCH yang tergabung dalam Kloter 29 akan diberangkatkan pada Rabu (25/7).

"Sampai saat ini, seluruh JCH Kota Yogyakarta berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Ada yang menggunakan kursi roda, tetapi beliau dinyatakan memenuhi syarat untuk menjalankan ibadah haji," kata Sigit.

Ia mengemukakan, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan secara ketat sehingga petugas kesehatan tidak akan meloloskan JCH, apabila menderita penyakit yang serius.

Misalnya, JCH membutuhkan perawatan kesehatan rutin seperti cuci darah. Tentu, tidak akan diloloskan untuk menjalani ibadah haji.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, JCH asal Kota Yogyakarta didominasi yang sudah berusia lanjut sehingga kondisi kesehatan jamaah menjadi salah satu faktor yang perlu dipantau secara rutin.

"Apalagi, cuaca di Tanah Suci saat ini sedang panas. Sehingga JCH, mengonsumsi makanan secara teratur, minum yang cukup agar tidak dehidrasi, mengonsumsi buah-buahan dan mengenakan masker," katanya.

Calon Haji (Calhaj) haji tertua berusia 85 tahun dan paling muda berusia 20 tahun. 

"JCH asal Kota Yogyakarta pada hari ini (Sabtu) sudah diminta mengumpulkan koper yang akan dibawa ke Tanah Suci," kata Sigit yang menambahkan, jamaah haji akan kembali ke Yogyakarta pada awal September.
(T.E013/B/L. Sariwating/C/L. Sariwating)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024