Rupiah menguat menjadi Rp14.630

id rupiah

Rupiah menguat menjadi Rp14.630

Mata uang rupiah (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore, bergerak menguat sebesar 15 poin menjadi Rp14.630 dibanding sebelumnya Rp14.645 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal di Jakarta, mengatakan bahwa dolar AS cenderung melemah terhadap beberapa mata uang dunia setelah munculnya kabar mengenai pembicaraan dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang menghasilkan kemajuan meski tidak signifikan.

"Kedua negara itu bertukar pandangan tentang bagaimana mencapai keadilan, keseimbangan, dan timbal balik dalam hubungan ekonomi," katanya.

Ke depannya, lanjut dia, investor kemungkinan akan fokus pada pidato ketua Federal Reserve Jerome Powell yang akan dijadwalkan pada pertemuan tahunan bankir di Jackson Hole, Wyoming.

"Pasar menaruh perhatian pada the Fed setelah Presiden AS Donald Trump kurang menyetujui kenaikan suku bunga Fed," katanya.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada mengatakan apresiasi rupiah relatif terbatas mengingat masih minimnya sentimen baru dari dalam negeri.

"Pelaku pasar uang diharapkan tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia Jumat (24/8), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp14.655 dibanding sebelumnya (23/8) di posisi Rp14.520 per dolar AS.