Beberapa negara ikuti "Java Summer Camp 2018" di Prambanan

id Java summer camp

Beberapa negara ikuti "Java Summer Camp 2018" di Prambanan

Ratusan peserta dari berbagai daerah dan negara mengikuti kegiatan Java Summer Camp di Bumi Perkemahan Candi Prambanan. (Foto Dispar Kabupaten Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - "Java Summer Camp" ke-7 yang dihelat di kawasan objek wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta paa 31 Agustus hingga 2 September 2018 diikuti 250 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara.
     
"Java Summer Camp (JSC) 2018 resmi dibuka Bupati Sleman Sri Purnomo di lapangan bumi perkemahan kompleks Candi Prambanan pada 31 Agustus 2018," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Sabtu.
     
Menurut dia, dalam kegiatan yang mengambil tema "explore amazong Sleman" ini banyak kegiatan yang akan diikuti peserta seperti workshop menulis, workshop fotografi, city tour mengunjungi Desa Wisata Gamplong dan Lava Bantal, serta workshop pembuatan totem dari Papua.
     
"Event Java Summer Camp kali ini diikuti 250 peserta yang antara lain berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan dan Papua. Selain itu, ada pula peserta dari luar negeri yang berasal dari Malaysia, Laos, Mali dan Rwanda," katanya.
     
Ia mengatakan, melalui Java Summer Camp ini diharapkan ada interaksi aktif antargenerasi muda dengan latar budaya yang berbeda, sehingga selain akan memperluas networking, yang pada akhirnya akan membangkitkan rasa saling percaya dan menghargai perbedaan yang ada.
     
"Melalui event ini, secara tidak langsung, Dinas Pariwisata dapat pula mempromosikan objek dan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman," katanya.
     
Sudarningsih mengataman, pembukaan Java Summer Camp berlangsung sangat meriah, dimana selain sajian musik dari Jasmine Band, kontingen dari Papua secara khusus menampilkan tarian asli Asmat yang menampilkan proses pembuatan patung.
     
"Tarian edan-edanan dan tari Bagong persembahan dari Sanggar Tari Sakura ikut menyemarakkan malam pembukaan kali ini. Tentunya masih banyak kemeriahan yang akan dirasakan dan menjadi kenangan indah yang tak terlupakan bagi peserta Java Summer Camp kali ini," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024