Pebalap Sergio Perez membalap untuk Force India

id Formula 1

Pebalap Sergio Perez membalap untuk Force India

Balapan Formula 1. (antaranews.com/reuters)

Austin, Texas (Antaranews Jogja) - Pebalap asal Meksiko Sergio Perez akan melanjutkan membalap untuk tim Force India pada 2019, demikian tim Formula One itu pada Kamis.

Force India belum mengumumkan siapa pendamping Perez, tapi kemungkinan adalah pebalap asal Kanada Lance Stroll, yang ayahnya mengepalai konsorsium yang sekarang mengendalikan tim tersebut.

Perpanjangan kontrak Perez juga berarti bahwa pebalap muda asal Prancis Esteban Ocon, rekan satu tim Perez musim ini, tidak akan masuk ke jajaran pebalap tahun depan.

Perez (28) memainkan peran penting di dalam peristiwa pengambilalihan kepemilikan tim Force India pada Agustus dan pernah mengatakan bahwa dia tidak terlalu mencemaskan masa depannya dan dia tahu ke mana dia akan membalap tahun depan.

Force India, sebelumnya dimiliki Vijay Mallya, dinyatakan pailit di bulan Juli setelah Perez mengumumkan bahwa tim itu berhutang 4,01 juta dolar AS.

Kemudian Mercedes dan sponsor tim BWT juga mengumumkan bahwa Force India masih memiliki hutang dalam jumlah yang tidak sedikit ke mereka.

Tim yang kini dinamai Racing Point Force India untuk membedakan mereka dari nama sebelumnya Sahara Force India diharapkan akan mengganti nama lagi tahun depan.

"Saya sangat senang akhirnya bisa mengumumkan masa depan saya dan saya sangat termotivasi untuk 2019," kata Perez melalui pernyataan resmi tim menjelang balapan Grand Prix AS.

"Force India telah menjadi rumah saya sejak 2014 dan telah memungkinkan saya berkembang sebagai seorang pebalap dan menunjukkan kemampuan saya di trek," kata Perez.

Pebalap asal Meksiko itu bergabung dengan Force India setelah mengalami satu tahun yang sulit bersama McLaren dan dua musim dengan Sauber.

Dia mengantongi lima finis podium dengan Force India termasuk finis ketiga di Azerbaijan pada April lalu.

Perez juga mampu membawa sponsor yang besar bagi tim.

Sementara itu, McLaren tak pernah mencapai finis podium ketiga sejak balapan pembuka musim 2014.



Kepala Tim Foce India Otmar Szafnauer mengatakan bahwa Perez telah membuktikan dirinya sebagai salah satu pebalap bertalenta dan konsisten di Formula 1.

"Dia telah memberi kami stabilitas yang penting untuk terus maju dan dia adalah aset besar bagi tim ini," Kata Szafnauer.

Kesempatan Ocon untuk membalap di Formula One musim depan bergantung kepada tim William, tim yang memperkerjakan Stroll saat ini yang sejauh ini baru mengonfirmasi bergabungnya pebalap Formula Two George Russel.

Seperti Russel, Ocon, juga memiliki kontrak jangka panjang dengan Mercedes, yang mendidik talenta muda itu untu masa depan tim juara bertahan itu.