Harga emas turun akibat dolar AS menguat

id emas

Harga emas turun akibat dolar AS menguat

Perhiasan emas (antaranews.com)

Chicago (Antaranews Jogja) - Pada akhir perdagangan Sabtu pagi WIB harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun sedikit akibat penguatan dolar AS mengurangi permintaan terhadap logam mulia.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, turun 5,3 dolar AS atau 0,43 persen, menjadi ditutup pada 1.233,3 dolar AS per ounce, sebut Xinhua.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,14 persen menjadi 96,52 pada pukuk 19.00 GMT.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dolar AS, yang berarti jika dolar AS menguat maka emas berjangka akan turun, karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi para investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Sehari sebelumnya, emas berjangka berbalik naik atau "rebound" dari penurunan selama tiga hari berturut-turut, menjadi berakhir di level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena indeks dolar AS mengalami penurunan tajam.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, melonjak 23,6 dolar AS atau 1,94 persen, menjadi ditutup pada 1.238,6 dolar AS per ounce.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember turun 2,1 sen AS atau 0,14 persen, menjadi menetap di 14,756 dolar AS per ounce.

Sementara itu, platinum untuk penyerahan Januari 2019 naik 12,9 dolar AS atau 1,5 persen, menjadi ditutup pada 875,7 dolar AS per ounce.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024